Kamis 06 Oct 2022 18:52 WIB

Mata Minus Bisa Dicegah, Kalau Telanjur Pakai Kacamata Jangan Dilepas Kecuali Hendak Tidur

Dokter mata anak menjelaskan bahwa rabun jauh bisa dicegah.

Anak berkacamata. Risiko rabun jauh pada anak bisa dicegah dengan melakukan aktivitas di luar ruang setidaknya 90 menit setiap hari.
Foto:

Dengan kontrol rutin, bisa dipantau perkembangan minusnya dan menyesuaikan dengan kacamata yang dibutuhkan. Selain itu, istirahat cukup dan makan-makanan bergizi juga bisa sebagai terapi untuk memperlambat perkembangan mata minus.

"Anak-anak yang dalam sehari jumlah tidurnya sembilan jam atau lebih, 41 persen tidak mempunyai miopi" ucapnya.

Dr Feti menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, zinc, omega 3 dan vitamin C untuk menjaga kesehatan mata. Makanan tersebut bisa didapat dari sayur dan buah, ikan dan daging, tahu, alpukat, dan telur.

Dr Feti pun memberikan tips untuk para orang tua dalam menjaga kesehatan mata anak. Ayah dan ibu perlu sering membawa anak main di luar ruangan dan jadi contoh yang baik untuk anak dalam penggunaan gawai.

"Bawalah anak main di luar, belajar dari buku-buku cerita, kelola waktu makan dengan baik tanpa gadget, dan jadilah teladan untuk anak," ucap dr Feti yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement