Selasa 04 Oct 2022 08:23 WIB

Empat Kondisi Ini Jadi Ciri Kejiwaan Seseorang Bermasalah

Sehat jiwa bukan sekadar ditandai dengan perasaan bahagia.

Menangis ketika depresi (ilustrasi). Sehat jiwa merupakan keadaan sejahtera secara mental, bukan sekadar merasa bahagia.
Foto:

Sementara "deviance", menurut Jiemi, adalah adanya pergeseran atau penyimpangan dari hal-hal yang umum dilakukan. Misalnya, saat seseorang tidak bisa tidur sampai berhari-hari atau menjadi tidak sanggup untuk ke luar rumah dan bertemu banyak orang.

"Danger", lanjut Jiemi, adalah perilaku berbahaya. Dalam hal ini, biasanya seseorang yang mengalami masalah kejiwaan kerap berpikir untuk menyakiti diri sendiri.

"Selain itu, juga ada pikiran untuk menghilang. Misalnya boleh enggak hari besok itu enggak ada. Nah, ini adalah tanda bahaya, menginginkan kehilangan," kata Jiemi.

Menurut Jiemi, jika mengalami setidaknya dua dari tiga tanda-tanda tersebut maka patut diwaspadai bahwa seseorang sedang tidak baik-baik saja. Namun, perlu diingat bahwa seseorang tidak bisa mendiagnosis diri sendiri sehingga jika mengalami tanda-tanda tersebut sebaiknya mencari pertolongan profesional.

"Tapi, enggak harus kita mengalami dua dari empat itu dulu kok. Kalaupun hanya mau konsultasi, ingin mengembangkan diri, atau sekadar mengenali pola-pola yang bermasalah untuk mencegah masalah selanjutnya, boleh ke psikolog klinis," kata Jiemi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement