Kamis 29 Sep 2022 15:56 WIB

Tiga Kondisi Kesehatan yang Tingkatkan Risiko Kematian Akibat Covid-19

Ada tiga kondisi kesehatan yang tingkatkan risiko kematian akibat Covid-19.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Staf medis merawat pasien Covid-19 di unit ICU di Institut Pneumologi Nasional Marius Nasta di Bucharest, Rumania, Rabu, 6 Oktober 2021. Risiko kematian akibat Covid-19 meningkat pada orang dengan komorbiditas tertentu, seperti demensia.
Foto:

Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan seperti diuraikan oleh penulis sebagai bagian dari diskusi. Mereka menyimpulkan studi lebih lanjut harus dilakukan pada populasi dan kondisi lain sebelum metode ini diterapkan secara luas.

"Jika divalidasi, metode kami dapat memberikan alternatif yang lebih kuat untuk skor komorbiditas untuk menangani kondisi yang sudah ada sebelumnya dalam model multivarian."

Lebih lanjut, penelitian tersebut juga memberikan wawasan tentang bagaimana kondisi yang sudah ada sebelumnya dapat meningkatkan risiko kematian akibat Covid 19. Meskipun diketahui kondisi pernapasan tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang, infeksi non-pernapasan jarang dipertimbangkan.

Demensia memang dapat meningkatkan risiko seseorang meninggal akibat Covid 19. Namun, virus juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengembangkan penyakit neurodegeneratif.

Para peneliti mengindikasikan bahwa pasien berusia di atas 65 tahun yang selamat dari Covid 19 memiliki kemungkinan 80 persen lebih besar untuk mengembangkan penyakit Alzheimer, bentuk paling umum dari demensia, dalam waktu satu tahun setelah tertular virus. Data tersebut telah dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer's Disease.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement