Rabu 21 Sep 2022 06:11 WIB

Studi Ungkap Kopi Bisa Tingkatkan Tekanan Darah Secara Akut

Studi ungkap ada kaitan dengan minum kopi dengan peningkatan tekanan darah akut.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi (ilustrasi). Menurut studi, dua hingga tiga cangkir kopi bisa meningkatkan tekanan darah sistolik sebesar 3-14 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 4-13 mmHg.
Foto:

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Vascular Health and Risk Management bahkan menguraikan bahan kopi yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular. Menurut peneliti, ada banyak zat lain dalam kopi, seperti polifenol, serat larut, dan kalium yang dapat memberikan efek menguntungkan pada sistem kardiovaskular.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Polifenol adalah bahan tanaman yang terkait dengan efek positif pada tekanan darah dan kalium adalah mineral yang dikenal karena kekuatan penghilang hipertensinya. Namun, penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa kopi tampaknya menyebabkan peningkatan pembacaan tekanan darah, meskipun mungkin hanya kecil.

Studi tersebut mengatakan, berdasarkan hasil yang bertentangan, hubungan antara minuman dan tekanan darah tetap tidak jelas. Karena sebagian besar bukti menunjukkan bahwa ketika seseorang minum kopi secara teratur, ia seharusnya tidak mendapat risiko hipertensi.

Layanan kesehatan nasional Inggris (NHS) merekomendasikan masyarakat untuk mengurangi minuman populer untuk mencegah kondisi tersebut. Menurut NHS, Minum lebih dari empat cangkir kopi sehari dapat meningkatkan tekanan darah.

"Jika Anda penggemar berat kopi, teh, atau minuman kaya kafein lainnya, seperti cola dan beberapa minuman energi, pertimbangkan untuk mengurangi asupannya," kata NHS, seperti dikutip dari Express, Selasa (20/9/2022).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement