Rabu 07 Sep 2022 16:26 WIB

Minum Teh dan Kopi Bisa Buat Gigi Kuning, Ini Cara Mengatasinya

Sama seperti kopi, teh juga bisa menimbulkan noda pada gigi saat diminum.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sama seperti kopi, teh juga bisa menimbulkan noda pada gigi saat diminum.
Foto: www.freepik.com.
Sama seperti kopi, teh juga bisa menimbulkan noda pada gigi saat diminum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama pandemi, banyak orang yang menunda jadwal perawatan ke dokter gigi karena khawatir paparan Covid-19. Hal ini membuat banyak orang memiliki noda atau karang gigi, bahkan gigi berlubang.

Berbicara soal noda gigi, dokter gigi asal California, Daniel Adelpour, menjelaskan bahwa ada dua jenis noda gigi yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Noda ekstrinsik mempengaruhi lapisan luar gigi yang disebut email, yang biasanya terbentuk dari makan atau minum makanan yang berwarna gelap, atau makanan yang mengandung tanin seperti anggur merah dan kopi.

Baca Juga

Sementara noda intrinsik, mempengaruhi lapisan dalam gigi yang disebut dentin. Strain ini tidak dibentuk oleh makanan yang kita makan melainkan oleh obat-obatan tertentu, penuaan, dan riwayat gigi, seperti gigi yang tidak terbentuk dengan benar, atau penambalan sebelumnya atau prosedur saluran akar yang membuat gigi mati di dalam dan karena itu berubah warna.

Angela Abernathy, seorang dokter gigi restoratif dan kosmetik di Manhattan, sepakat bahwa noda ekstrinsik biasanya disebabkan oleh apa yang  konsumsi setiap hari. Ini adalah hal-hal seperti kopi, teh, anggur merah, kari, kunyit, buah pinang, produk tembakau, dan bahkan obat kumur resep tertentu, khususnya klorheksidin glukonat.

 

“Dengan kata lain, jika makanan itu bisa menodai kaos putih Anda, maka itu bisa menodai gigimu,” kata Adelpour seperti dilansir dari Inverse, Rabu (7/9/2022).

Selama ini, peminum teh mungkin berpikir bahwa sesuatu seperti teh hijau tidak mungkin menodai gigi Anda seperti halnya kopi. Namun Abernathy mengatakan itu tidak benar.

“Teh hitam atau hijau lebih bernoda daripada kopi karena jumlah asam tanat yang ditemukan dalam teh lebih tinggi. Teh hijau sedikit lebih sedikit menodai daripada teh hitam, tetapi akan menodai gigi seiring waktu,” jelas dia.

Abernathy dan Adelpour menekankan bahwa cara terbaik untuk mencegah noda ekstrinsik adalah dengan membatasi atau sepenuhnya menghilangkan konsumsi makanan, minuman, atau produk tembakau yang menodai gigi. Namun, mereka mengakui bahwa itu mungkin tidak sepenuhnya realistis.

Tetapi jika Anda tidak dapat berhenti dari kecanduan kopi, ada beberapa cara untuk membantu mencegah noda yang menyertainya. Selain menyikat gigi secara teratur, flossing, dan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pembersihan, salah satu cara untuk membatasi kerusakan yang dapat dilakukan minuman tertentu adalah dengan meminum air setelah minuman dan berkumur-kumur sebelum menelan.

“Menggunakan sedotan untuk mengonsumsi minuman yang cenderung menodai gigi, seperti es teh atau kopi, dapat mengurangi waktu minuman berada di sekitar gigi, yang dapat membantu mencegah noda,” kata Abernathy.

“Dalam hal noda ekstrinsik pada email, pembersihan yang baik di dokter gigi biasanya akan menghilangkan jenis noda tersebut dan tetap membuat email Anda tidak terluka,” tambah Adelpour.

Dia juga menyarankan untuk menghindari pasta gigi pemutih yang agresif, terutama pasta gigi yang mengandung arang atau charcoal, karena ini sering kali terlalu abrasif dan dapat menyebabkan kerusakan enamel dan masalah lain seperti resesi gingiva. Obat kumur klorheksidin, obat kumur kuman yang kadang-kadang digunakan untuk mengobati kondisi seperti radang gusi, juga bisa menyebabkan noda cokelat.

“Jika Anda telah diberi resep obat kumur klorheksidin dan khawatir tentang pewarnaan gigi, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menemukan alternatif yang tidak akan menodai gigi,” kata dia.

Noda dari buah pinang, kari hingga kunyit menjadi salah sekian yang sulit dihilangkan. Karenanya dia menyarankan siapapun yang telah mengonsumsi makanan tersebut untuk membersihkannya secara berkala.

Meskipun berkumur setelah minum anggur merah atau menggunakan sedotan untuk es kopi dapat membantu mencegah noda pada gigi, tidak ada pengganti untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur. Dokter gigi tidak hanya dapat membantu mengatasi masalah noda pada gigi, tetapi juga penting untuk menjaga kesehatan mulut secara umum.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement