Rabu 24 Feb 2021 09:09 WIB

Sikat Gigi, Sebelum atau Setelah Minum Kopi?

Kopi dikenal sebagai minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Kopi dikenal sebagai minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi.
Foto: Wikipedia
Kopi dikenal sebagai minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi dikenal sebagai minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Selain itu, keasaman pada kopi juga bisa berdampak langsung pada pengikisan email gigi. Oleh karena itu, sikat gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika menikmati kopi.

Kebanyakan orang memilih untuk menyikat gigi sesaat setelah meminum kopi. Cara ini diyakini dapat membersihkan gigi dari sisa kopi yang menempel.

Baca Juga

Padahal, cara ini sebenarnya keliru. Menyikat gigi sesaat setelah minum kopi justru akan membut kondisi menjadi lebih buruk. Kebiasaan ini justru akan mempermudah keasaman kopi untuk melemahkan email gigi. Asam kopi akan lebih menyebar di gigi dan membuat email gigi menjadi lebih mudah terkikis dan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

"Anda tak ingin menyikat gigi ketika lingkungan (mulut) asam, itu sesuatu yang abrasif secara kimiawi," jelas dokter gigi Sonya Krasilnikov, seperti dilansir Huffington Post, Rabu (24/2).

Dokter gigi Siama Muhammad mengatakan sebagian orang mungkin sudah pernah melakukan ini. Bila hanya sekali dilakukan, dampak yang terjadi mungkin hanya abrasi mikro.

"Tapi bila sudah menjadi kebiasaan, itu akan menjadi sebuah kondisi kronis (jangka panjang) di mana Anda menipiskan email gigi Anda," ungkap Muhammad.

Dokter gigi Christina Meiners menganjurkan sikat gigi dilakukan sebelum meminum kopi. Sikat gigi akan menyingkirkan kotoran dan sisa makanan yang menumpuk di gigi sebelum seseorang minum kopi. Kondisi tersebut akan membuat kopi menjadi lebih sulit untuk menodai atau menempel di gigi.

"Jika Anda menjaga gigi dalam kondisi baik dan bersih, akan ada lebih sedikit hal yang bisa menjadi media bagi kopi untuk menempel," papar Meiners.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement