Ahad 18 Sep 2022 20:43 WIB

Puting Terasa Gatal, Kapan Harus Diperiksakan?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan puting terasa gatal.

Perempuan menahan rasa gatal (ilustrasi). Kulit di bagian puting tipis dan rentan terhadap kekeringan. Stres dalam bentuk apapun dapat memicu gatal.
Foto:

Menurut Langdon, rasa gatal ringan selama kehamilan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Akan, tetapi perhatikan jika rasa gatal menjadi intens, terutama saat seseorang mencoba untuk tidur, menurut Mayo Clinic.

Ini bisa menjadi tanda kolestasis kehamilan, komplikasi serius yang memerlukan perhatian medis. Menopause juga bisa membuat puting seseorang wanita gatal. Saat kadar hormon estrogen tubuh turun, kulit menjadi lebih kering dan tipis sehingga membuatnya lebih rentan terhadap gatal dan iritasi.

Selain itu, puting yang gatal biasanya bukan pertanda masalah kesehatan utama. Tetapi ada kemungkinan ruam payudara yang gatal atau bersisik menjadi tanda kanker payudara tertentu termasuk kanker payudara inflamasi atau penyakit Paget, kata dr Goldstein.

Kanker ini jarang terjadi. Akan tetapi, jika gejala puting atau payudara tidak hilang, maka penting untuk memeriksakannya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement