Ahad 18 Sep 2022 20:43 WIB

Puting Terasa Gatal, Kapan Harus Diperiksakan?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan puting terasa gatal.

Perempuan menahan rasa gatal (ilustrasi). Kulit di bagian puting tipis dan rentan terhadap kekeringan. Stres dalam bentuk apapun dapat memicu gatal.
Foto: www.freepik.com.
Perempuan menahan rasa gatal (ilustrasi). Kulit di bagian puting tipis dan rentan terhadap kekeringan. Stres dalam bentuk apapun dapat memicu gatal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puting yang terasa gatal dapat disebabkan sejumlah hal. Kulit kering hingga tanda seseorang memasuki masa menopause dapat menjadi pemicunya, menurut pakar kesehatan.

"Tidak jarang puting menjadi tempat peradangan kulit. Kulit (bagian ini) tipis dan rentan terhadap kekeringan, kelembapan rendah. Stres dalam bentuk apa pun dapat memicu gatal," kata dokter kulit di North Carolina, Beth Goldstein, MD, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga

Terkadang, kulit kering terkait dengan kondisi yang mendasarinya, seperti eksim. Kondisi dingin dan berangin dapat mengeringkan kulit seseorang, seperti halnya pemanas yang menyerap kelembapan dari udara, menurut Mayo Clinic.

Terlalu lama mandi dengan air hangat bisa menjadi penyebab lain. Sebab, air panas dapat menghilangkan minyak alami yang menghidrasi kulit.

Di sisi lain, penyebab puting gatal dapat juga karena reaksi alergi ketika kulit bersentuhan dengan iritan. Ingat-ingat, apakah baru-baru ini mulai menggunakan deterjen, sabun, losion, atau bahkan mulai memakai jenis kain yang berbeda?

"Jika kulit di sekitar puting berwarna merah, gatal, bengkak, bersisik atau terbakar, mungkin ini kasus dermatitis kontak," kata Cleveland Clinic.

Penyebab lain puting gatal ialah kondisi hamil. Pergeseran hormon dan peregangan kulit selama kehamilan dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap kulit yang gatal dan sensitif, termasuk di bagian puting, menurut penasihat medis di Ohio, Kimberly Langdon MD.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement