Sabtu 17 Sep 2022 06:35 WIB

Pakai Kompor Gas di Dapur, Ini Risikonya Buat Kesehatan Anggota Keluarga

Pakar ingatkan risiko kesehatan dari penggunaan kompor gas.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Memasak di dapur (ilustrasi). Pastikan dapur memiliki ventilasi udara yang baik untuk meminimalisasi dampak kesehatan dari penggunaan kompor gas.
Foto:

Bahan kimia tersebut tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga dapat menyebabkan peningkatan detak jantung dan kesulitan bernapas pada manusia. Saat kompor gas dimatikan, ada juga pelepasan bahan kimia benzena yang terkait dengan berbagai jenis kanker, termasuk leukemia.

Studi lain di AS belum lama ini menemukan bahwa 95 persen kompor gas melepaskan gas penyebab kanker. Untuk menekan berbagai risiko yang mengintai itu, pastikan dapur memiliki ventilasi yang baik.

Membuka jendela dapur saat memasak juga dapat membantu mengurangi risiko, meski tidak sepenuhnya menghilangkan paparan berbagai bahan kimia yang ada. Opsi lain, bisa dengan cara beralih ke kompor induksi magnetik.

Dibandingkan kompor gas, kompor induksi magnetik bisa memasak lebih cepat tanpa menyalakan api atau memanaskan kumparan listrik. Manfaat utamanya, udara di rumah menjadi jauh lebih bersih, dikutip dari laman The Sun, Jumat (16/9/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement