Rabu 14 Sep 2022 14:16 WIB

12 Tanda Awal Osteoporosis yang Harus Diwaspadai

Ada tanda-tanda awal osteoporosis yang bisa menjadi peringatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Ada tanda-tanda awal osteoporosis yang bisa menjadi peringatan.
Foto:

6. Masalah keseimbangan

Peneliti menemukan sering kehilangan keseimbangan berhubungan dengan kelemahan otot dan kelengkungan tulang belakang karena pengurangan massa tulang.

 

7. Pegangan melemah

Orthopaedic Surgery berbagi pegangan yang lemah pada wanita menopause dapat menandakan kepadatan mineral tulang rendah, yang merupakan faktor risiko kuat mengembangkan osteoporosis. Studi ini juga menemukan hubungan antara kadar vitamin D yang lebih rendah dan kepadatan mineral tulang yang buruk.

 

8. Kehilangan tinggi badan

Orang yang berjuang dengan osteoporosis sering menderita patah tulang belakang yang menyebabkan penurunan tinggi badan beberapa inci dalam beberapa kasus (per NYS Osteoporosis Prevention and Education Program).

 

9. Postur tubuh memburuk

Kifosis, yang biasa disebut sebagai "punuk janda", adalah kelengkungan di tulang belakang bagian atas yang sering menunjukkan fraktur kompresi akibat osteoporosis. Kyphosis parah membuat orang mengalami peningkatan rasa sakit saat otot dan tendon tegang di bawah tekanan.

 

10. Masalah pernapasan

Kesulitan bernapas juga bisa menjadi komplikasi dari kerusakan tulang belakang dan kelengkungan yang disebabkan osteoporosis. Kyphosis lanjut, atau kelengkungan tulang belakang dada bagian atas yang terkait erat dengan kepadatan tulang rendah dan osteoporosis, dapat mengganggu fungsi paru-paru dalam beberapa cara.

 

11. Sakit punggung dan nyeri kronis

Penelitian mengkonfirmasi bahwa serabut saraf sensorik tulang menjadi termodifikasi dan peka saat osteoporosis berkembang, menyebabkan nyeri kronis dan parah melebihi sakit punggung rata-rata. Bagi banyak orang dengan osteoporosis, patah tulang dapat menyebabkan nyeri hebat dan kejang otot.

 

12. Kekurangan vitamin D

Orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin D sering menderita masalah kesehatan tulang, termasuk osteoporosis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement