Senin 16 Oct 2023 15:20 WIB

Menopause Bisa Sebabkan, Komplikasi Kesehatan, Apa Saja?

Gaya hidup sehat bisa mengurangi dampak Menopause.

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil
Menopause Bisa Sebabkan, Komplikasi Kesehatan, Apa Saja? Foto:   Ilustrasi osteoporosis.
Foto: ist
Menopause Bisa Sebabkan, Komplikasi Kesehatan, Apa Saja? Foto: Ilustrasi osteoporosis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan RSIA Grand Family dan RSIA Family, dr Henry Leonardo, SpOG mengatakan saat menopause, wanita dapat mengalami berbagai komplikasi kesehatan yang berkaitan dengan perubahan hormonal dan penuaan. Beberapa penyakit dan masalah kesehatan yang sering terkait dengan menopause adalah:

1. Osteoporosis

Baca Juga

Osteoporosis merupakan salah satu komplikasi yang paling umum terkait dengan menopause. Kehilangan estrogen selama menopause dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang, meningkatkan risiko patah tulang. Pencegahan osteoporosis melalui diet kaya kalsium, vitamin D, dan olahraga berat serta pemeriksaan densitometri tulang secara teratur sangat penting.

2. Kolesterol tinggi

 

Terkadang, menopause dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Pengaturan diet dan gaya hidup sehat, serta perawatan medis jika diperlukan, bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol.

3. Penyakit jantung

Setelah menopause, risiko penyakit jantung meningkat karena penurunan estrogen yang memiliki efek protektif terhadap pembuluh darah. Wanita pasca-menopause perlu memantau tekanan darah, kolesterol, dan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Penyakit ginjal

Risiko penyakit ginjal juga bisa meningkat setelah menopause. Menghindari tekanan darah tinggi dan diabetes, serta menjaga hidrasi yang baik, adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

5. Kanker payudara dan ovarium

Risiko kanker payudara dan ovarium masih ada setelah menopause. Medical Check Up adalah cara terbaik untuk mendeteksi penyakit ini pada tahap awal.

6. Gangguan seksual

Wanita dapat mengalami penurunan libido, rasa sakit saat berhubungan seks, atau kekeringan vagina selama menopause. Konsultasi dengan profesional kesehatan dapat membantu menemukan solusi dan perawatan yang sesuai.

7. Gangguan mood dan kesehatan mental

Beberapa wanita mengalami perubahan mood, kecemasan, atau depresi selama menopause. Ini dapat disebabkan oleh perubahan hormon dan tantangan emosional yang muncul akibat perubahan dalam kehidupan dan peran sosial. Dukungan psikologis atau terapi dapat membantu mengatasi masalah ini.

"Komplikasi dan risiko kesehatan selama menopause dapat bervariasi dari individu ke individu.Konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan Anda untuk mendiskusikan risiko pribadi Anda dan rencana perawatan yang sesuai," ujarnya dalam keterangan pers diterima Republika.co.id, Senin (16/10/2023).

Ia menambahkan gaya hidup sehat juga dapat membantu mengurangi risiko berbagai komplikasi yang terkait dengan menopause.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement