Selasa 13 Sep 2022 15:47 WIB

Bau Mulut Anda Resahkan Orang Sekitar? Diet, Kurang Minum, Hingga Obat Bisa Jadi Pemicunya

Penderita bau mulut kerap tak menyadari hingga mendapat komplain dari orang lain.

Ilustrasi bau mulut. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bau mulut.
Foto:

Ketika kurang minum, mulut menjadi kering dan kehilangan air liur. Padahal, air liur berfungsi untuk pembersihan otomatis dari bakteri yang ada di mulut.

"Penyebab bau mulut bisa bermacam-macam, dan kondisi ini biasanya tidak disadari oleh dirinya sendiri, sampai orang-orang terdekatnya baru komplain," kata drg Indah.

Untuk menghindari bau mulut, sebaiknya rutin memeriksakan diri ke ahli gigi. Karena banyak hal yang menyebabkan aroma tak sedap yang perlu diketahui asal penyebabnya. Dengan rutin mengontrol gigi dan mulut dapat diketahui penyebab pastinya sehingga bau yang keluar dari mulut dan kerongkongan bisa diatasi.

Untuk mengatasi bau mulut, drg Indah memberikan beberapa tip, di antaranya dengan higiene mulut dan gigi, yakni rajin membersihkan gigi, rajin menyikat lidah, rutin kontrol ke dokter gigi minimal enam bulan sekali. Selain itu, kurangi konsumsi minuman dan makanan berbau tajam atau penyebab gigi berlubang, serta tidak merokok.

"Jika penyebabnya akibat obat-obatan untuk penyakit sistemik perlu dikonsultasikan dengan dokter penyakit dalam untuk mengganti obatnya, karena tidak cocok dan menyebabkan bau mulut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement