Selasa 13 Sep 2022 06:43 WIB

Bakteri dalam Mulut Bisa Sebabkan Sinusitis, Bagaimana Cara Cegah Infeksinya?

Sebaliknya, infeksi sinus juga bisa membuat sakit gigi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Tim medis Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri memeriksa kesehatan gigi siswa SMP Al-Azhar Syifa Budi di Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/3/2022). Ada sejumlah langkah yang bisa orang lakukan demi mencegah masalah pada gigi, termasuk infeksi dan gigi berlubang.
Foto:

Selain itu, menghindari konsumsi makanan setelah menyikat gigi pada malam hari, mengurangi konsumsi makanan yang manis dan lengket, memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur pun sangat dianjurkan. Drg Hanny juga mengingatkan pentingnya memperkuat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Tiap orang juga perlu mengganti sikat gigi setiap dua bulan pemakaian dan atau ketika bulu-bulu sikat gigi sudah mekar. Lalu, jaga sikat gigi selalu kering jika tidak digunakan agar tidak berlumut dan berjamur.

Langkah lainnya ialah rutin memeriksakan diri ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk mendapatkan perawatan gigi dan rongga mulut yang sesuai dengan kondisi gigi dan mulut. Drg Hanny menyebutkan beberapa perawatan yang dapat dilakukan oleh dokter gigi dalam pemeriksaan rutin, antara lain pemeriksaan seluruh permukaan gigi, membersihkan gigi dari berbagai plak dan noda akibat rokok, teh, ataupun kopi, penambalan dilakukan ketika ditemukan karies.

"Selain itu, pembersihan karang gigi dengan scaller dan jika gigi sudah terbebas dari masalah, maka seluruh permukaan gigi dioles dengan fluoride yang berfungsi melindungi gigi dari karies," kata drg Hanny.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement