Sabtu 10 Sep 2022 07:45 WIB

Lima Alasan Penyebab Seseorang Gagal Olahraga, Apa Solusinya?

Waktu adalah hal yang paling sering dijadikan alasan untuk tidak berolahraga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Warga berolahraga menggunakan sepeda di Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta, Selasa (30/8/2022). Lima Alasan Penyebab Seseorang Gagal Olahraga, Apa Solusinya?
Foto:

3. Kurang berenergi

Alasan yang sering membuat seseorang gagal berolahraga adalah rendahnya level energi. Bayangkan saja, setelah pulang kerja dan lelah, seseorang hanya ingin bersantai di rumah sambil ngemil dan menonton tayangan streaming.

Sebagai solusinya, luangkan waktu khusus untuk berolahraga karena aktivitas itu sangat penting. Kurangnya energi juga bisa berkaitan dengan pola makan. Cermati kalori yang dikonsumsi dan kecukupan nutrisi harian.

4. Masalah kesehatan bawaan

Ketika seseorang punya masalah kesehatan bawaan seperti penyakit jantung, asma, atau darah tinggi, dia menjadi takut berolahraga karena takut nantinya menyulitkan. Padahal, mereka yang memiliki masalah kesehatan idealnya harus berolahraga secara teratur. 

Hanya saja, jenis olahraga yang dilakukan perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Kondisi tubuh secara holistik juga perlu dipantau ketika berolahraga, termasuk detak jantung, tekanan darah, dan kondisi paru-paru.

5. Keterbatasan biaya

Sebagian orang mengira olahraga perlu mengeluarkan dana. Misalnya, untuk biaya langganan di pusat kebugaran yang tidak sedikit. Itu sebabnya sebagian orang terkendala keterbatasan biaya untuk berolahraga.

Nyatanya, olahraga tidak selalu harus dilakoni di fitness center. Olahraga bisa dilakukan tanpa keluar biaya, sesederhana jalan sore atau bersepeda. Jelajahi lingkungan sekitar dan tantang diri untuk olahraga sambil berpetualang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement