Senin 05 Sep 2022 15:53 WIB

Kelamaan Duduk Bisa Picu Penyakit Jantung, Orang yang Bekerja di Belakang Meja Harus Apa?

Terlalu banyak duduk, orang berisiko mengembangkan penyakit jantung.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi orang bekerja di kantor. Pekerja kantoran yang terbiasa duduk berjam-jam perlu mengambil jeda untuk berjalan kaki dua hingga tiga kali dalam sehari untuk mencegah penyakit jantung.
Foto:

Dr Pratsides juga berbagi tips tentang cara menjaga kesehatan jantung:

1. Jangan merokok

Merokok menempatkan seseorang pada risiko penyakit jantung yang signifikan karena merusak pembuluh darah, menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi kaku, dan plak lemak menumpuk di arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan berkurangnya suplai darah ke organ utama, seperti jantung menyebabkan serangan jantung, atau otak yang menyebabkan strok di kemudian hari.

2. Jangan minum alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada otot jantung yang dikenal sebagai kardiomiopati. Ini menyebabkan penurunan fungsi jantung dan gagal jantung.

3. Konsumsi makanan sehat

Diet yang rendah lemak jenuh akan membantu mengurangi penumpukan plak lemak di arteri yang memungkinkan aliran darah yang optimal ke organ vital di kemudian hari. Makanan yang mengandung "lemak sehat" dan "kolesterol baik" yang dikenal sebagai kolesterol high-density lipoprotein (HDL), membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Gejala utama penyakit jantung koroner adalah:

- Nyeri dada (angina)

- Sesak napas

- Sakit seluruh tubuh

- Merasa lemah

- Merasa sakit (mual).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement