Sabtu 03 Sep 2022 06:45 WIB

Suplemen Kalsium dan Vitamin D Bisa Tingkatkan Risiko Polip Prakanker

Kedua suplemen ini bisa meningkatkan risiko polip prakanker hingga empat kali lipat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen (Ilustrasi). Studi mengungkapkan bahwa suplemen kalsium dan vitamin D dapat meningkatkan risiko polip prakanker..
Foto:

Pada 2016, empat studi menemukan bahwa suplemen kalsium bisa memberikan efek kemopreventif dalam melawan adenoma kolorektal yang muncul berulang. Sedangkan pada studi terbaru ini, suplementasi kalsium tampak berkaitan dengan peningkatan risiko kemunculan polip prakanker.

"(Ulasan Cochrane) menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang kukuh bahwa suplementasi vitamin D dapat menurunkan atau meningkatkan kejadian kanker," jelas Heneghan.

Berdasarkan kesimpangsiuran ini, Heneghan secara jujur mengungkapkan bahwa dia tidak tahu rekomendasi seperti apa yang patut diberikan terkait konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D. Menurut Heneghan, dibutuhkan bukti ilmiah yang lebih kuat sebelum membuat rekomendasi ini.

Di sisi lain, American Cancer Society mengungkapkan bahwa sebagian besar orang aman untuk mengonsumsi suplemen. Yang terpenting adalah suplemen yang dikonsumsi tidak dalam jumlah berlebihan.

"Tapi suplemen yang dimakan tidak sepenuhnya aman, dan mengonsumsinya bisa memiliki risiko, khususnya untuk orang-orang yang menjalani perawatan kanker," jelas badan kesehatan tersebut.

Secara umum, asupan vitamin dan mineral akan lebih baik bila didapatkan dari asupan makan sehari-hari dibandingkan dari suplemen. Namun, bila ingin mengonsumsi suplemen, pastikan produk yang dipilih itu aman dan digunakan sesuai anjuran. Sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan mengonsumsi suplemen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement