Kamis 01 Sep 2022 18:46 WIB

Noah Masih Kejar Banyak Mimpi Setelah 10 Tahun Berkarya

Band Noah bersyukur masih bisa berkarya bersama setelah satu dekade.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Ariel dan Lukman, personel grup musik Noah, pada konferensi pers konser Noah-DekadeXperience, Selasa (30/8).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Ariel dan Lukman, personel grup musik Noah, pada konferensi pers konser Noah-DekadeXperience, Selasa (30/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah 10 tahun grup musik Noah berkarya di industri musik Tanah Air. Dengan usia band yang mencapai satu dekade, para personelnya yakni Ariel, Lukman, dan David mengaku masih memiliki banyak mimpi dan target yang hendak mereka kejar.

Ariel sang vokalis menyampaikan, hal pertama yang hendak dicapai Noah adalah terus berkarya dan bertahan dalam satu band. Dia bersyukur Noah sudah tiba di usia satu dekade dan berharap bisa lebih baik dari sebelumnya, baik dari segi musikalitas dan aspek lain.

Baca Juga

"Zaman berubah, sekarang bukan hanya soal penjualan (album) lagi, tapi bagaimana show kami bisa lebih menghibur dan menarik. Itu masih jadi target kami," ungkap Ariel pada konferensi pers konser "Noah-DekadeXperience", belum lama ini.

Musisi 40 tahun itu juga bertekad Noah bisa terus menghadirkan lagu hit yang dinikmati banyak orang, bahkan bukan hanya penikmat musik Indonesia. Impian Noah lainnya adalah menggelar tur musik berskala dunia. "Ada banyak hal, enggak habis-habis," kata Ariel.

Sebagai sebuah band, Noah resmi hadir sejak 2012. Sebelumnya, Ariel dan Lukman tergabung dalam grup musik Peter Pan sejak 2000 hingga 2009 bersama sejumlah personel lain. Sementara, David bergabung di Peter Pan pada 2006 sebagai additional player.

Peter Pan sempat mengalami masalah internal dan muncul keputusan melepas nama Peter Pan selepas keluarnya beberapa personel. Pada 2009, Peterpan resmi melepas nama mereka. Untuk sementara, nama masing-masing anggota dipakai sebagai nama grup.

Pada pertengahan 2010, Ariel ditahan atas kasus video asusila yang melibatkan dirinya. Setelah Ariel keluar dari penjara pada 2012, barulah dibuat pengumuman nama baru grup musik, yaitu Noah. Setelah beberapa kali formasi berubah, kini Noah terdiri dari tiga personel.

Tercatat pada 2015, penjualan album musik Noah di Indonesia mencapai sembilan juta keping. Perilisan album Taman Langit versi Noah pada 2021 pub menjadi trending di platform musik dan trending nomor satu di YouTube.

Noah pun menjadi grup musik Indonesia pertama yang bisa tampil di lima negara dan dua benua dalam satu hari pada 2012, yakni Australia, Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Deretan konser ikonik lain yaitu "Silent Concert" pada 2013, ProjectX pada 2019, dan Noah Monochrome di Love Festival pada 2019.

Gitaris Noah, Lukman, merupakan salah satu personel awal Peter Pan bersama Ariel yang hingga kini tetap berkarya bersama. Untuk menjaga kekompakan Noah, Lukman mengaku tidak ada formula khusus, selain saling memahami satu sama lain.

"Awal nge-band, sama Ariel memang teman nongkrong. Dulu visi enggak jauh-jauh, kami main musik buat fun. Bisa sampai ke sini jalani aja, enjoy. Masing-masing sudah tahu karakternya. Saling mengerti aja," tutur Lukman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement