Selasa 30 Aug 2022 23:18 WIB

Berada di Dekat Air, Bahkan Dengar Suara Alirannya Pun Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

Penelitian menunjukkan berada di sekitar air memiliki manfaat untuk kesehatan mental.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Atraksi air mancur di kawasan Kiara Artha Park, Kota Bandung, Kamis (5/5/2022). Berada di dekat air atau di dalam air bermanfaat bagi kesehatan mental.
Foto:

Dalam studi lain, yang diterbitkan tahun lalu di jurnal yang sama, para peneliti mensurvei orang-orang di 18 negara. Hasil mereka menunjukkan bahwa mereka yang lebih sering mengunjungi ruang biru juga melaporkan lebih sedikit tekanan mental dan kesejahteraan keseluruhan yang lebih baik.

Berada di alam bukanlah pengganti terapi atau pengobatan. Tapi itu bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk merasa lebih tenang.

Anda tidak perlu berada di sana secara fisik untuk mendapatkan manfaatnya. Jika Anda berada di area yang tidak memiliki perairan alami di sekitarnya, tidak apa-apa. Sungai, kanal, air mancur, kolam renang, maupun bak mandi juga bisa.

"Air perkotaan masuk hitungan," ujar Azar.

Tetapi jika mencapai badan air adalah sebuah tantangan, ketahuilah bahwa Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat hanya dengan mendengarkan atau menonton video air. Anda hanya perlu mungkin sampai dua jam dalam sepekan.

"Jadi beberapa menit setiap hari dari paparan itu bisa membuat perbedaan nyata," kata Azar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement