Selasa 30 Aug 2022 20:29 WIB

Garin Nugroho Dukung Cerita Rakyat Bali Jadi Tema Kompetisi Film Pendek

Kompetisi film pendek Bali angkat ide dari cerita rakyat tentang alam-pemuliaan air.

Pembuatan film (ilustrasi). Kompetisi film pendek Minikino Film Week angkat tema cerita rakyat Bali tentang alam dan pemuliaan air.
Foto:

Koordinator Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali I Wayan Suarmaja yang merupakan salah satu juri dalam kompetisi garapan Puri Kauhan Ubud itu turut mendukung penggunaan ide cerita rakyat untuk kompetisi bertajuk Purwa Carita Campuhan ini. Menurutnya, saat ini kondisi di masyarakat Bali adalah kurangnya pengetahuan mengenai kisah-kisah zaman dahulu.

Pihaknya saat ini telah mengumpulkan 171 cerita rakyat yang didapat dari seluruh Bali. Itu didapatkan Suarmaja melalui penuturan tetua di daerah.

"Kompetisi ini memberikan ruang untuk teman-teman atau anak binaan di desa ikut menyampaikan idenya. Masyarakat bisa diedukasi kembali karena sekarang sulit diajak menceritakan cerita masa lampau, ketika ada perkembangan teknologi saat ini," kata Suarmaja.

Sementara itu, Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud AAGN Ari Dwipayana menyebut, kegiatan yang berkolaborasi dengan Minikino Film Week ini tak hanya berupa lomba pembuatan film pendek, namun juga sebagai wadah edukasi. Pihaknya menyediakan fasilitas workshop Purwa Carita Campuhan agar para filmmaker dapat menambah ilmunya mengenai produksi film sebelum akhirnya nanti diperlombakan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement