Jumat 26 Aug 2022 12:10 WIB

Lima Makanan untuk Kendalikan Jerawat

Makanan harus diperhatikan ketika jerawat muncul.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
 5 Makanan untuk Kendalikan Jerawat. Foto:  Jerawat/Ilustrasi
Foto: corbis.com
5 Makanan untuk Kendalikan Jerawat. Foto: Jerawat/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Semua tahu bahwa apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh memiliki efek buruk bagi banyak bagian tubuh tidak terkecuali kulit. Daripada berfokus pada apa yang harus Anda kurangi, inilah yang harus Anda coba tambahkan untuk nutrisi pecinta kulit yang lebih baik.

Dilansir dari bodyandsoul pada Jumat (26/8/2022), jika Anda mengalami jerawat maka Anda pasti telah memperhatikan makanan tertentu yang dapat memperburuk kulit Anda. Penyebab khas yang menanggung beban kesalahan di sini adalah cokelat, gula, gluten dan susu.

Baca Juga

Berikut lima makanan untuk mengendalikan jerawat yaitu :

Pertama, Ikan

Jika Anda menderita jerawat, ikan berminyak seperti salmon, tuna segar, sarden dan mackerel adalah beberapa makanan terbaik yang harus dikonsumsi secara teratur. Ikan berminyak adalah sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik, yang telah membuktikan manfaat anti-inflamasi.

Mereka dapat ditemukan dalam bentuk Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA), ketika berasal dari sumber laut, dan dari Alpha-linolenic Acid (ALA) ketika berasal dari sumber tanaman. Sayangnya, ALA sangat buruk diserap, itulah sebabnya sumber nabati omega 3 seperti biji chia dan kenari sebenarnya bukan sumber yang baik, meskipun masih sangat bergizi.

Asam lemak omega 3 telah dikaitkan dengan pengurangan jerawat. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa individu dengan peningkatan keparahan jerawat cenderung mengkonsumsi jumlah omega 3 yang lebih rendah.

Kedua, Kacang-Kacangan

Karena jerawat adalah kondisi kulit yang meradang, termasuk makanan yang memiliki manfaat anti-inflamasi dan manfaat kesehatan usus adalah penting. Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang bermanfaat namun kurang dikonsumsi dalam budaya barat.

Mereka adalah sumber serat prebiotik yang sangat baik, yang bertindak sebagai bahan bakar bagi bakteri usus yang kemudian menghasilkan asam lemak rantai pendek seperti butirat. Asam lemak rantai pendek memiliki manfaat anti-inflamasi yang kuat dan karenanya dapat membantu mengatasi jerawat.

Untuk membantu toleransi, mulailah dengan rendah dan perlahan dengan asupan Anda untuk secara bertahap membangun toleransi Anda. Pilih juga varietas kalengan dan bilas dengan baik di bawah air, ini membantu menghilangkan senyawa yang memicu gejala seperti gas dan kembung.

Ketiga, Karbohidrat

Berbagai penelitian telah menunjukkan pentingnya Glycemic Index (GI) dan Glycemic Load (GL) untuk mengelola jerawat. GI pada dasarnya adalah alat yang mengukur seberapa cepat atau lambat makanan meningkatkan Kadar Glukosa Darah (BGL). Semua makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, sereal, pasta, buah, dan sayuran akan memiliki nilai GI.

GL mengacu pada jumlah karbohidrat dalam makanan tertentu, jadi semakin tinggi jumlah karbohidrat, semakin tinggi GL.

Penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang mengkonsumsi makanan dengan GI dan GL yang lebih rendah telah mengurangi lesi jerawat, dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan dengan GI dan GL yang lebih tinggi.

Makanan GI rendah untuk dinikmati termasuk roti gandum, ubi jalar, gandum gulung, vitaweet, mie soba, kentang carisma, pasta gandum, sebagian besar sayuran tanpa tepung, sebagian besar buah (kecuali semangka, melon batu dan leci kalengan), nasi doongara, quinoa, mutiara jelai dan kacang-kacangan.

Keempat, Tiram

Tiram adalah sumber seng yang sangat baik, yang merupakan nutrisi penting dalam hal kesehatan kulit dan manajemen jerawat. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan suplementasi seng mungkin bermanfaat untuk meningkatkan manajemen jerawat.

Yang menarik adalah bahwa dalam banyak penelitian ini peserta mengalami defisiensi seng, yang kemudian diperbaiki oleh suplemen tersebut. Jadi mencapai jumlah seng yang cukup melalui diet untuk mengoptimalkan status seng tampaknya menjadi kunci di sini. Penting untuk dicatat bahwa makanan pertama selalu lebih disukai jika memungkinkan, dan suplementasi seng dapat menyebabkan efek samping seperti mual dan muntah.

Kelima, Berry

Buah beri adalah sumber antioksidan yang sangat baik, yang membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah beberapa kerusakan yang diakibatkannya. Tampaknya antioksidan dapat memainkan peran yang menjanjikan dalam pengelolaan jerawat.

Coba sertakan sajian beri setiap hari dalam smoothie, sereal, yoghurt dan salad.

Sumber

https://amp.bodyandsoul.com.au/nutrition/top-5-foods-to-get-your-acne-under-control/news-story/e9803e4b357e60a57257f1d186c3bfaa

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement