Kamis 25 Aug 2022 21:25 WIB

Isyana Sarasvati Rela Bolak Balik Bandung Jakarta demi Kursus Musik Bareng Avip Priatna

Sosok Avip Priatna merupakan salah satu pembuka jalan bagi Isyana dalam bermusik

Rep: Mg136/ Red: Gita Amanda
Musisi Isyana Sarasvati bermain piano saat mengikuti latihan menjelang konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (24/8/2022). The Resonanz Music Studio arahan Avip Priatna yang didukung oleh www.indonesiakaya.com, kembali menyelenggarakan konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 di Jakarta Concert Hall, Sabtu (27/8/2022).
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Musisi Isyana Sarasvati bermain piano saat mengikuti latihan menjelang konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (24/8/2022). The Resonanz Music Studio arahan Avip Priatna yang didukung oleh www.indonesiakaya.com, kembali menyelenggarakan konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 di Jakarta Concert Hall, Sabtu (27/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang konser Simfoni Untuk Bangsa yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 27 Agustus 2022, Isyana Sarasvati bersama dengan musisi lainnya melakukan sesi latihan untuk pertama kali kalinya di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/8/2022).

Dalam acara ini terungkap bahwa Isyana merupakan salah satu murid dari Avip Priatna saat Isyana masih menginjak Sekolah Menengah Pertama. Sosok Avip Priatna merupakan salah satu pembuka jalan bagi Isyana dalam bermusik, dimana pelantun lagu “Tetap Dalam Jiwa” itu rela dari Bandung ke Jakarta hanya untuk dididik oleh Avip untuk belajar musik.

“Dari SMP, SMA aku ngejar Kak Avip sampe ke Jakarta, sebenarnya aku domisili di Bandung tapi demi aku bisa kursus sama Kak Avip aku bolak-balik Jakarta tuh hanya demi dapetin ilmunya Kak Avip,” kata Isyana.

photo
Musisi Isyana Sarasvati bermain piano saat mengikuti latihan menjelang konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (24/8/2022). The Resonanz Music Studio arahan Avip Priatna yang didukung oleh www.indonesiakaya.com, kembali menyelenggarakan konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 di Jakarta Concert Hall, Sabtu (27/8/2022). - (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

 

Isyana sendiri menjelaskan bahwa Avip sangat berperan baginya, khususnya dalam bermusik. Hal ini karena dirinya mendapatkan banyak pelajaran mengenai music dan vokal.

“Aku rasa Kak Avip juga ikut serta dalam membangun karier bermusik aku juga. Aku jadi bisa mencintai vokal, klasikal, jadi sampe sekarang hubungannya sama Kak Avip masih terus berjalan, walaupun aku udah ke mana-mana tapi kembali lagi Kak Avip punya jasa besar,” jelasnya.

Isyana merasa senang karena berkesempatan untuk tampil di Konser Simfoni Untuk Bangsa 2022. Dalam konser ini, Isyana berencana untuk membawakan lagu ciptaannya sendiri dan Isyana juga akan membawakan lagu daerah Ayo Mama yang berasal dari Maluku.

"Kalau lagu yang dibawain nanti ada IL Sogno dan lagu aku satu lagi yang rilis 2020, terus aku juga bawain lagu daerah Ayo Mama,” kata Isyana.

photo
Musisi Isyana Sarasvati berpose saat mengikuti latihan menjelang konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (24/8/2022). The Resonanz Music Studio arahan Avip Priatna yang didukung oleh www.indonesiakaya.com, kembali menyelenggarakan konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 di Jakarta Concert Hall, Sabtu (27/8/2022). - (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

 

Sesi latihan yang terbilang singkat, yaitu hanya tiga hari sebelum acara diselenggarakan, dianggap sudah cukup oleh Avip Priatna untuk persiapan konser Simfoni Untuk Bangsa 2022. Avip sendiri telah memberikan partitur kepada para musisi yang akan tampil dalam acara konser tersebut.

Waktu singkat ini dianggap sebagai tantangan tersendiri untuk Isyana. Namun, karena sudah diberikan partitur dua minggu sebelumnya, maka Isyana dan para musisi lainnya sudah bisa melakukan latihan di rumah. Jadi, saat melakukan sesi latihan bersama, mereka hanya tinggal menyesuaikan dan menyelaraskannya saja.

"Kita baru ketemu hari ini dan konsernya tiga hari lagi, paling itu tantangannya. Tapi, Kak Avip sudah buat partiturnya jadi kita bisa lah latihan di rumah juga," jelas Isyana Sarasvati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement