Selasa 23 Aug 2022 17:23 WIB

Cara Membedakan Tahi Lalat Biasa dan Kanker Kulit, Bisa Dilakukan di Rumah

Sering kali sulit untuk membedakan antara tahi lalat biasa atau melanoma.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara membedakan tahi lalat biasa dan kanker kulit (melanoma). (ilustrasi).
Foto: wikipedia
Cara membedakan tahi lalat biasa dan kanker kulit (melanoma). (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 86 persen dari semua kanker kulit di Inggris dikaitkan dengan paparan sinar matahari yang berlebihan. Ini termasuk sumber radiasi UV buatan dari kursi berjemur, yang merupakan penyebab paling umum kedua kanker kulit.

Mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker kulit juga berisiko lebih tinggi. Mengetahui tubuh Anda dan memeriksa setiap perubahan yang tidak biasa adalah kunci untuk mendeteksi melanoma lebih awal.

Baca Juga

Dilansir laman Mirror, Selasa (23/8/2022), kanker kulit melanoma adalah kanker paling umum kelima di Inggris dengan sekitar 16 ribu kasus baru didiagnosis setiap tahun. Para ahli memperingatkan sekitar satu dari empat kasus kanker kulit didiagnosis di antara orang-orang berusia di bawah 50 tahun, yang sangat muda dibandingkan dengan kebanyakan jenis kanker lainnya.

Mengetahui tanda-tanda awal melanoma sangat penting karena kanker diketahui bermetastasis (menyebar) ke kelenjar getah bening dalam bentuk tumor. Itu juga bisa tumbuh ke organ dalam seperti hati, otak, tulang, atau saluran pencernaan jika tidak ditangkap cukup dini.

 

Ketika datang ke bercak melanoma, sering bercak tahi lalat baru atau tahi lalat yang telah berubah dalam penampilan bisa menjadi indikator utama. Tahi lalat bulat atau oval adalah normal, dengan tepi halus dan biasanya berdiameter tidak lebih dari enam milimeter. Namun, ukuran tahi lalat bukanlah yang harus Anda perhatikan.

Bagaimana cara memeriksa apakah tahi lalat Anda bisa menjadi kanker?

Menurut National Health Services (NHS), pemeriksaan Asymmetrical, Border, Color, Diameter, Evolving (ABDCE) akan membantu Anda menentukan apakah tahi lalat Anda mungkin bersifat kanker.

  • Asimetris, melanoma biasanya memiliki dua bagian yang sangat berbeda dan bentuknya tidak beraturan.
  • Border atau Perbatasan, melanoma biasanya memiliki batas berlekuk atau tidak rata.
  • Color atau warna, melanoma biasanya merupakan campuran dari dua warna atau lebih.
  • Diameter, kebanyakan melanoma biasanya berdiameter lebih dari enam milimeter.
  • Elevasi atau pembesaran, tahi lalat yang berubah ukuran dari waktu ke waktu lebih cenderung menjadi melanoma.

Tanda-tanda kanker kulit

Gejala kanker awal lainnya yang perlu diperhatikan termasuk sakit yang tak kunjung sembuh, penyebaran pigmen dari batas suatu tempat ke kulit di sekitarnya, dan kemerahan atau pembengkakan baru di luar batas tahi lalat. Selain itu, ada perubahan sensasi, seperti gatal, nyeri tekan, atau nyeri

Perubahan permukaan tahi lalat seperti bersisik, mengalir, berdarah, atau munculnya benjolan atau benjolan. Penting untuk menunjukkan kepada dokter Anda area tubuh yang Anda khawatirkan.

Sering kali sulit untuk membedakan antara tahi lalat biasa atau melanoma. “Ingat juga, bahwa sebagian kecil melanoma dimulai di tempat selain kulit, seperti di bawah kuku tangan atau kuku kaki, di dalam mulut, atau bahkan di bagian mata yang berwarna (iris). Jadi penting untuk menunjukkannya pada dokter setiap tempat baru atau yang berubah di area ini juga,” kata American Cancer Society.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement