Selasa 23 Aug 2022 16:35 WIB

Penggunaan Produk Organik Kian Jadi Tren di Indonesia

Penggunaan produk organik, termasuk popok anak, kian menjadi tren di Indonesia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Penggunaan produk organik, termasuk popok anak, kian menjadi tren di Indonesia.
Foto: www.piqsels.com
Penggunaan produk organik, termasuk popok anak, kian menjadi tren di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan produk organik dilihat semakin meningkat dan menjadi tren. Menurut survey Nielsen 2022, masyarakat Indonesia juga semakin banyak yang memilih produk organik, mulai dari makanan, perawatan kulit hingga pakaian. Yuji Ishii, Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk. mengatakan, penjualan produk organik mencapai 47 dolar AS dan diperkirakan meningkat hingga 60 juta dolar AS di 2022. Di tengah tren dunia tersebut, pihaknya pun telah menangkap keinginan pasar bahkan sejak 2016.

“Saat ini pangsa pasar popok organik telah menguasai sekitar 11 persen dari seluruh market popok dan permintaan di Indonesia juga semakin meningkat,” kata Yuji dalam peluncuran popok bayi organic cotton dari MamyPoko Royal Soft di Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga

Studi menemukan bahwa produk organik diminati karena dianggap baik untuk kesehatan (50 persen), aman untuk kulit (24 persen) serta tidak mengandung bahan kimia (16 persen). Pertimbangan utama dalam memilih produk organik ini umumnya dikarenakan lebih baik untuk kesehatan.

Terlebih di masa pandemi Covid-19, banyak orang mulai merubah gaya hidup mereka. Mulai dari ibu hamil yang merubah pola hidupnya demi menjaga kesehatan, lebih memperhatikan dan menjaga bayi, anak, maupun keluarga secara keseluruhan.

Produk organik diyakini dapat menghadirkan kebaikan dari alam, lebih ramah bagi tubuh maupun alam. Kesehatan kulit bayi menjadi salah satu hal penting bagi orang tua, sehingga produk ramah di kulit menjadi poin penting bagi konsumen.

Saat digunakan, khususnya untuk yang bersentuhan dengan kulit, biasanya terasa lebih lembut di kulit, adem, dingin dan nyaman. Terlebih bagu kulit sensitif bayi dan sensitif, produk organik ini dapat menjadi pilihan aman bagi orang tua.

Sebagai orang tua, figur publik Andien Aisyah juga termasuk pengguna bahan organik dalam gaya hidupnya. Andien juga kerap mengajak anak-anaknya mengenal kebaikan alam.

Anak-anaknya disebut senang berada di tengah-tengah kebun, pasir pantai, sehingga lebih mudah mengenalkan produk organik. Andien sebisa mungkin menggunakan produk yang punya nilai tambah dalam sehari-hari.

“Produk yang dipakai, apa pun itu, pakaian, skincare, berusaha sebisa mungkin yang selaras dengan bumi di mana tempat kita hidup,” kata Andien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement