Ahad 21 Aug 2022 22:57 WIB

Langkah Pertama Generasi Sandwich untuk Capai Keuangan yang Sehat

Generasi sandwich disarankan tak hanya parkirkan uang di tabungan.

Generasi sandwich mengatur keuangannya (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Generasi sandwich mengatur keuangannya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Financial Fitness Coach OCBC NISP Fellexandro Ruby mengatakan generasi "sandwich" atau generasi muda memiliki peluang untuk mencapai kondisi keuangan yang sehat atau financial fit. Menurut dia, generasi ini perlu menjalin komunikasi dengan pihak keluarga terlebih dahulu, terutama orang tua terkait kebutuhan prioritas yang perlu dialokasikan untuk mereka.

"Pertama adalah komunikasi dulu dengan orang tua, itu yang perlu di beresin. Setelah itu bisa lanjut ke langkah berikutnya," ujar Ruby dalam konferensi pers Peluncuran OCBC NISP Financial Fitness Index 2022 di Jakarta, dikutip Ahad (21/8/2022).

Baca Juga

Setelah mengetahui kebutuhan orang tua, lanjut Ruby, generasi ini bisa memetakan porsi untuk kebutuhan hidup mereka sendiri. Setelah itu, menabung dan berinvestasi.

Terkait investasi, Ruby mengatakan pemilihan lembaga keuangan dan instrumen investasi perlu disesuaikan dengan kebutuhan generasi ini. Ia juga menyarankan generasi ini bisa mengurangi pengeluaran dan menambah penghasilan, sehingga porsi untuk tabungan dan investasi bisa bertambah.

 

"Pahami dulu kondisinya, pilih lembaga keuangannya. Baru kita cus pilih tabungan atau investasi yang sesuai dengan kebutuhan kita," ujar Ruby.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement