Senin 15 Aug 2022 19:47 WIB

Gangguan Tiroid Kerap tak Disadari Penderitanya

Gangguan tiroid kerap terlihat orang di sekitar karena ada pembengkakan di leher.

Pengecekan gangguan tiroid (Ilustrasi). Menurut GLOBOCAN tahun 2020, kanker tiroid menempati urutan ke-12 dengan kasus kanker terbanyak, yaitu mencapai 13.1141.
Foto:

Dela Listiya, salah satu pejuang kanker tiroid yang bergabung dalam Yayasan Pita Tosca, menceritakan mengenai gejala awal dirinya terdiagnosis kanker tiroid. Dela mengaku kesadaran itu justru bukan dari dirinya sendiri, tetapi kerabat dan keluarga yang menyadari bahwa adanya pembesaran pada lehernya.

"Saya melihat ada perubahan pada diri saya seperti berjerawat, mudah stres, dan beberapa celana saya kebesaran dan teman-teman saya juga berkomentar bahwa bagian leher saya terlihat sangat besar. Baru setelah itu saya melakukan pemeriksaan awal", kata Dela.

Hal ini juga ternyata dirasakan oleh Cahyaniati yang juga merupakan pejuang kanker tiroid dan kanker payudara. Dia mengatakan, setelah lima tahun saya menjadi penyintas kanker payudara, dia kembali merasakan kejanggalan pada kesehatannya.

"Napas saya merasa tersengal-sengal, saya kesulitan untuk berbicara dan saya mengalami batuk yang tidak kunjung usai sampai akhirnya saya melakukan PET scan dan ditemukan adanya hiperkalsemi dan akhirnya saya disarankan untuk melakukan tiroidektomi (pengangkatan kelenjar tiroid)."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement