Kamis 28 Jul 2022 21:43 WIB

Rendahnya Konsumsi Kalsium Dorong Munculnya Masalah Kesehatan Tulang

Penyerapan kalsium meningkat jika dibarengi asupan magnesium dan vitamin K2 dan D3.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen kalsium (Ilustrasi). Kebutuhan harian kalsium berbeda jumlahnya berdasarkan umur.
Foto:

Suplemen kalsium berperan melengkapi kebutuhan harian kalsium. Suplemen kalsium saja hanya diserap 10 sampai 15 persen kalsium ke tulang. Namun, bila ditambah magnesium, vitamin K2, dan D3 maka penyerapan kalsium meningkat jadi 30 sampai 40 persen.

Di sisi lain, mengonsumsi kalsium dan vitamin D3 juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Pada saat pandemi, orang banyak minum vitamin D3 dengan kandungan kalsium tinggi.

"Jika kalsium tersebut itu tidak masuk pada tempatnya, misalnya ke usus, itu akan berbahaya, bahkan kalsium juga bisa numpuk ke ginjal, kalau tidak ada yang mengarahkan," kata dr Isa.

Bila kalsium banyak ada di pembuluh darah, maka berpotensi membentuk plak. Kondisi itu membuat orang berisiko serangan jantung.

Agar konsumsi vitamin D3 dan kalsium bisa pas dan hanya masuk ke tulang, bukan beredar di darah, maka dibutuhkan tambahan vitamin K2. Selain vitamin K2, kandungan magnesium juga penting yang  berfungsinya sebagai pengontrol, agak mirip dengan vitamin D3.

"Magnesium itu fungsinya untuk membantu penyerapan kalsium, sehingga kadar kalsium di dalam tubuh menjadi cukup," tutur dr Isa.

Sementara itu, magnesium mengoptimalkan penyerapan kalsium. Vitamin K2 mengarahkan ke tempatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement