Kamis 28 Jul 2022 17:34 WIB

Tingkatkan Kesehatan Usus, Minuman Ini Bisa Turunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah pengidap diabetes harus dikelola dengan baik agar tak merusak organ.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Teh hijau (ilustrasi). Untuk pertama kalinya, peneliti berhasil menemukan manfaat teh hijau bagi pengidap diabetes.
Foto:

Menggunakan teknik untuk menilai rasio gula dalam sampel urine, peneliti juga menemukan bahwa dengan teh hijau, permeabilitas usus kecil partisipan menurun. Permeabilitas usus atau usus bocor, memungkinkan bakteri usus dan senyawa beracun terkait memasuki aliran darah, merangsang peradangan kronis tingkat rendah.

"Penyerapan produk yang berasal dari usus dianggap sebagai faktor pemicu obesitas dan resistensi insulin, yang merupakan pusat dari semua gangguan kardiometabolik," kata Profesor Bruno.

 

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Sebagai aturan umum, setiap individu harus memilih makanan dengan kandungan karbohidrat rendah untuk menurunkan gula darah. Karbohidrat dipecah menjadi glukosa relatif cepat, yang menyebabkan lonjakan gula darah. Pilihan rendah karbohidrat meliputi beberapa buah dan sayur, hingga makanan gandum utuh.

Sementara itu, banyak orang yang tidak menyadari memiliki diabetes tipe 2. Gejala dari diabetes tipe 2 meliputi sering kencing terutama di malam hari, merasa haus sepanjang waktu, kelelahan, berat badan turun tanpa usaha, gatal di area vagina atau penis, luka yang tak kunjung sembuh, dan penglihatan kabur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement