Kamis 21 Jul 2022 16:21 WIB

Kayu Manis Bantu Tingkatkan Sensitivitas Insulin-Kontrol Diabetes, Perlu Berapa Banyak?

Berbagai studi telah mengungkap manfaat kayu manis terhadap pengidap diabetes.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi kayu manis (Ilustrasi). Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mengendalikan kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.
Foto:

Badan kesehatan Bupa UK menyatakan bahwa memilih gandum utuh daripada makanan bertepung seperti pasta dan roti adalah pilihan tepat. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah serta mengurangi asupan lemak jenuh.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Menurut Bupa UK, mengikuti diet rendah karbohidrat dapat menjadi pilihan bagi sebagian orang dengan diabetes tipe 2. Ini bisa menjadi cara yang efektif bagi sebagian orang untuk menurunkan berat badan dan mengatur kadar glukosa mereka.

"Tapi itu mungkin tidak cocok untuk semua orang, jadi yang terbaik adalah berbicara dengan ahli gizi sebelum mencobanya," kata Bupa UK.

Banyak orang mengidap diabetes tipe 2 tanpa disadari. Ini karena gejala yang dirasakan acap kali tidak spesifik atau bahkan tak timbul gejala sama sekali. Adapun gejalanya antara lain kencing lebih sering dari biasanya terutama di malam hari, merasa haus sepanjang waktu, kelelahan, berat badan turun tanpa sebab, gatal di area penis atau vagina, sering sariawan, luka susah sembuh, serta penglihatan kabur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement