Senin 18 Jul 2022 07:48 WIB

Kandungan Merkuri dalam Kosmetik Bisa Dikenali, Begini Caranya

Waspadai kandungan merkuri dalam kosmetik.

Rep: Mabruroh/ Red: Reiny Dwinanda
Pilah-pilih produk pencerah wajah (Ilustrasi). Kosmetik yang mengandung merkuri biasanya dalam bentuk krim wajah dan diiklankan sebagai krim pencerah atau krim pemutih atau krim mencegah penuaan serta diiringi dengan klaim hasil cepat.
Foto:

Hal-Hal yang perlu diwaspadai ketika membeli kosmetik:

1. Harus curiga apabila warna krim agak ke abu-abuan atau krem karena itu warna merkuri.

2. Waspadai warna krim yang sangat terang. Produsen nakal ada yang menambahkan pewarna tekstil yang warnanya sangat terang untuk menyamarkan warna merkuri.

3. Tekstur krim yang tidak homogen (seperti tidak tercampur dengan baik).

4. Bau merkuri (logam).

5. Bau yang sangat wangi atau wangi yang menyengat. Sama seperti pewarna, produsen mengelabui bau merkuri tadi dengan menambahkan pewangi.

6. Ada tulisan iming-iming, manfaat terlihat dalam waktu cepat. Misalkan kulit wajah akan menjadi putih dalam waktu dua pekan.

7. Bila sudah telanjur membeli tanpa memperhatikan hal-hal ini, waspadai bila kulit terasa panas dan merah saat kosmetik dioleskan. Patut curiga bila pemakaian diteruskan dalam satu hingga dua pekan kulit terlihat halus, bersih, dan putih.

"Segera setop pemakaiannya karena tidak ada krim yang berkhasiat secepat itu kecuali krim tersebut mengandung merkuri," kata dr Shannaz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement