Senin 11 Jul 2022 12:57 WIB

Tips dari Jess Martini Viral di TikTok: Ini yang Harus Dilakukan Ketika Anak Hilang

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua ketika mencari anak hilang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Orang tua mendampingi anaknya bermain di Taman Kaulinan, Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/7/2022). Ketika anak hilang dari pandangan, jangan sekadar berteriak memanggil namanya.
Foto:

3. Ajari anak untuk berdiri di tempat

Menemukan anak yang terus bergerak ketika sedang dicari-cari tentu akan lebih sulit. Para orang tua perlu mengajari anak-anak untuk berdiam di tempat ketika mereka terlepas dari pandangan orang tua.

Hal ini memungkinkan orang tua menemukan anaknya lebih cepat. Jika anak-anak sudah cukup paham untuk diberi nasihat, tetapkan sebuah tempat pertemuan spesifik yang mudah dikenali dan dinavigasi sebelum pergi ke acara publik.

4. Jika hilang di rumah, periksa spot berisiko lebih dulu

Anak hilang di rumah bisa sama menakutkannya dengan anak yang menghilang di tempat umum. Sembilan dari 10 anak yang hilang di rumah,berada di suatu tempat yang konyol, seperti di lemari atau di bawah tempat tidur mereka.

Daripada memulai pencarian di tempat-tempat konyol seperti itu, periksa dulu tempat-tempat paling berisiko bahaya terlebih dahulu. Jika anak berada di salah satu tempat tersebut, hidup mereka dalam bahaya.

Jadi, periksalah kolam renang, mobil, mesin cuci, pengering, kamar mandi, dan jalan sebelum memeriksa tempat-tempat yang lebih tidak berbahaya seperti di dalam lemari. Mencari ke spot berisiko itu hanya memakan waktu paling lama lima menit, dahulukan tempat-tempat itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement