Senin 11 Jul 2022 11:00 WIB

Pakar Musik SM Entertainment Ulas Perbedaan Musik K-pop dan Barat

Kenzie telah membuat banyak hit untuk artis K-pop, mulai dari NCT hingga Aespa.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop Aespa. Tokoh di balik kesuksesan lagu Aespa, Kenzie, menilai ada perbedaan elemen teknis dalam lagu barat dengan K-pop.
Foto:

Lagu-lagu K-pop, menurut Kenzie, adalah tentang lapisan-lapisan yang menghidupkannya. Lagu K-pop memperhatikan seberapa baik suara-suara itu menyatu.

"Dibandingkan dengan genre lain, K-pop cenderung memiliki transisi yang lebih dramatis di antara setiap bagian lagu, melodi yang lebih emosional, dan lapisan trek (instrumental) yang agak maksimal," ujar Kenzie.

Kenzie membandingkannya dengan sekumpulan potongan yang menyatu seperti puzzle, sehingga membentuk gambar yang sama. Pada akhirnya, sedikit perubahan ini mengarah pada satu tema musik besar.

"Jika saya memvisualisasikan melodi K-pop ini, saya akan memikirkan struktur fraktal," kata Kenzie.

Sebagai penulis lagu dan produser yang menciptakan banyak lagu hit dalam setahun, Kenzie mengungkapkan satu tujuannya saat membuat karya dengan lagu K-pop. Ia berusaha menemukan satu nada khusus yang mengubah keseluruhan lagu.

"Secara pribadi, saya merasa setiap progresi akord selalu memiliki satu nada khusus ini, yang ketika diletakkan di atas, secara tak terduga melengkapi progresi dan menjadikannya frasa menyenangkan yang menyentuh telinga,” ujar Kenzie.

K-pop mungkin dipengaruhi oleh musik Barat dan menggabungkan penulis lagu dan komposer dari seluruh dunia. Akan tetapi, banyak lapisan unik bersatu untuk membentuk lagu-lagu hit yang disukai penggemar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement