Jumat 08 Jul 2022 15:41 WIB

Dibandingkan Behel, Ini Keunggulan Rapikan Gigi Pakai Aligner

Aligner perlu diganti seminggu sekali sesuai pergerakan gigi.

Gigi yang tumbuh berantakan bisa diperbaiki dengan bantuan kawat gigi. Aligner juga dapat menjadi alternatif untuk merapikan gigi.
Foto:

Gita mengatakan bahwa dengan menggunakan clear aligner, pasien bisa meminimalkan kunjungan ke dokter gigi karena perawatannya sangat mudah dan dan bisa dilakukan mandiri di rumah. Menurut dia, pasien hanya perlu mengganti aligner seminggu sekali sesuai pergerakan gigi, sementara pemakaian hariannya selama 20-22 jam.

"Pas pakai ini, intinya enggak boleh dipakai pas makan, minum air panas, sama sikat gigi. Copot dulu aja. Nanti, diganti seminggu sekali, dipakai dalam sehari 20-22 jam," ujar Gita.

Dengan minimnya kunjungan ke dokter gigi, biaya perawatan dengan clear aligner tentu akan lebih murah dibandingkan behel yang harus kontrol setiap bulan. Di Klinik Rata, perawatan dengan metode tersebut dikenakan biaya mulai dari Rp 4,9 juta.

Gita juga mengatakan aligner tidak akan menimbulkan sakit atau menyebabkan pasien kesulitan saat makan. Selain itu, bahan yang transparan membuat pasien seperti tidak memakai apapun di giginya.

"Jadi ini adalah jawaban untuk orang-orang yang pakai behel, tapi merasa repot karena harus kontrol sebulan sekali, sakit, sariawan, enggak bisa makan," jelas Gita.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement