Selasa 05 Jul 2022 00:40 WIB

Risiko Alzheimer Bisa Diprediksi dari Cara Memegang Pulpen

Alzheimer yang merupakan bentuk paling umum dari demensia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Menulis di atas kertas (Ilustrasi). Tes pena dan kertas sering digunakan oleh dokter umum untuk mendiagnosis Alzhehemier.
Foto:

Prof Tetsuaki Arai, penulis senior studi tersebut, mengatakan meskipun jelas bahwa sifat menggambar yang terkait dengan gerakan dan jeda dapat digunakan untuk menyaring gangguan kognitif, sebagian besar tes penyaringan tetap relatif tidak akurat

"Kami bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi jika kami menganalisis sifat-sifat ini sementara orang-orang melakukan berbagai tugas menggambar yang berbeda," ujarnya, seperti dikutip dari laman The Sun, Senin (4/7/2022).

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

Akurasi klasifikasi tiga kelompok dari kelima tes adalah 75,2 persen, yang hampir 10 persen lebih baik daripada tes sendiri. Penyakit Alzheimer memengaruhi sekitar satu dari 14 orang di atas usia 65 tahun dan satu dari setiap enam orang di atas usia 80 tahun.

Alzheimer bukan bagian normal dari penuaan. Kondisi ini menyebabkan seseorang melupakan hal-hal sederhana, seperti cara mengikat tali sepatu atau menentukan waktu.

Bagian yang terburuk, pasien akan melupakan pasangan mereka selama beberapa dekade terakhir atau anak-anak mereka sendiri, yang sangat menyedihkan untuk dilihat. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tetapi ada obat-obatan untuk meredakan gejalanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement