Senin 04 Jul 2022 18:45 WIB

Kandungan Tinggi Merkuri pada Ikan Bisa Picu Demensia, Ada di Ikan Apa Saja?

Paparan merkuri sedikit saja bisa membahayakan kesehatan tubuh, termasuk otak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ikan segar di pasar tradisional. Ikan yang tinggi merkuri cenderung menjadi ikan predator seperti ikan todak, hiu, dan king makerel.
Foto:

Sebelumnya, ikan juga telah ditemukan berkhasiat untuk menangkal demensia karena kandungan omega-3-nya. Abdeh menyebut, ikan adalah salah satu sumber makanan omega-3 terbesar yang telah diteliti dan ditemukan sebagai kemungkinan bantuan dalam mencegah demensia.

Di sisi lain, penelitian tentang hal tersebut telah menghasilkan hasil yang beragam. Ini berarti bahwa omega-3 bukanlah nutrisi yang terbukti dalam mencegah demensia.

"Meskipun demikian, ikan baik untuk otak karena suatu alasan. Omega-3 penting untuk perkembangan kognitif, yang berarti bahwa ikan seperti salmon, sarden, dan makerel semuanya bermanfaat bagi otak kita," kata Abdeh.

Menurut ahli, gejala demensia yang harus diwaspadai antara lain hilang ingatan, masalah konsentrasi, perubahan suasana hati, dan kesulitan menyelesaikan tugas sederhana. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement