Selasa 28 Jun 2022 00:20 WIB

Pakar Epidemiologi Inggris Peringatkan Indikasi Kemunculan Wabah 'Disease X', Apa Itu?

Sudah ada indikasi kemunculan Penyakit X dapat memicu wabah besar.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Melindungi diri dan keluarga dari penularan penyakit (ilustrasi). Penyakit X merupakan istilah untuk ancaman virus yang belum diketahui dan bisa menular ke manusia serta berpotensi memicu terjadinya epidemi yang meluas.
Foto:

Salah satu skenario terburuk yang mungkin terjadi adalah munculnya sebuah penyakit baru atau strain baru yang sangat menular dan mematikan. Kedua kriteria ini dapat membuat penyakit menyebar dengan cepat dan memicu kematian dalam jumlah besar sebelum dunia bisa mengambil tindakan.

Menurut Prof Woolhouse, awal abad ke-21 telah menjadi "badai" yang sempurna untuk kemunculan penyakit menular. Selain itu, Prof Woolhouse mengungkapkan bahwa saat ini berbagai tanda mengarah pada kemungkinan akan ada semakin banyaknya wabah yang muncul.

"Semua pemicu wabah tampak semakin memburuk, bukan membaik, seiring waktu," ungkap Prof Woolhouse.

Sebelumnya, sekitar satu tahun lalu, beberapa ahli juga sempat memperingatkan mengenai kemungkinan datangnya pandemi baru. Pandemi ini diperkirakan akan terjadi pada level seperti peristiwa Maut Hitam yang menyebabkan kematian pada puluhan juta jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement