Senin 27 Jun 2022 00:40 WIB

4 Makanan Ini Terpapar 'Forever Chemicals' dari Kemasannya

Forever chemicals dalam paparan sedikit saja sudah bisa pengaruhi kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Popcorn (Ilustrasi). Kantong popcorn mengandung PFAS. Sebaiknya, hindari memasak popcorn di dalam kemasannya dengan microwave.
Foto:

Dua di antaranya adalah kontainer atau wadah makanan bawa pulang dan kantung popcorn. Dua lainnya adalah boks piza dan kemasan yang digunakan untuk kue siap makan.

"Ini menjelaskan mengapa menghindari PFAS hampir mustahil," ujar Kubiliute.

PFAS bisa ditemukan dalam jumlah yang besar pada wadah kemasan apa pun yang menggunakan bahan tahan minyak. Bahan ini memungkinkan PFAS untuk meresap masuk ke dalam makanan.

Untuk meminimalisasi paparan PFAS, orang-orang yang gemar menyantap popcorn dianjurkan untuk tidak memasak biji popcorn beserta kemasan pembungkusnya di dalam microwave. Alternatif yang lebih baik adalah memasak popcorn dengan menggunakan panci dan kompor.

Tak hanya kemasan yang dapat membuat makanan terpapar PFAS. Semua makanan yang berasal dari tanah, air, dan udara juga bisa terkontaminasi oleh PFAS. Dalam studi terdahulu, ilmuwan mendeteksi adanya PFAS dalam kadar yang tinggi pada ikan dan kerang yang dijual untuk konsumsi di Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement