Sabtu 25 Jun 2022 01:50 WIB

5 Kondisi Pemicu Malanutrisi pada Lansia, Mulai dari Gigi Hingga Kesepian

Malanutrisi pada lansia bisa dipicu oleh beragam faktor.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Lansia (Ilustrasi). Ada beberapa kondisi yang dapat membuat lansia lebih mudah mengalami malanutrisi.
Foto:

Selain itu, gangguan menelan juga bisa membuat lansia rentan terhadap malanutrisi. Faktor yang keempat adalah adanya gangguan demensia.

"(Demensia) buat mereka jadi lupa makan. Ada sih demensia yang (membuat lansia) jadi makan terus, tapi yang banyak adalah mereka lupa makan, itu kenapa lansia mengalami malanutrisi," ujar Prof Ati.

Faktor yang kelima adalah kondisi yang berkaitan dengan kesehatan mental, seperti kesepian karena tinggal sendiri atau kurang mendapatkan perhatian dari anggota keluarga. Umumnya, lanjut Prof Ati, rasa kesepian bisa membuat lansia menjadi malas makan.

"Penting sekali interaksi antarkeluarga," ungkap Prof Ati.

Gerakan 4 Sehat 5 Bahagia yang dicanangkan oleh Nestle Boost Optimum bisa membantu lansia untuk tetap sehat di usia emas. Gerakan 4 Sehat terdiri dari memenuhi asupan protein harian dengan susu, mengajak olahraga agar lansia tetap aktif, memberikan lansia waktu untuk beristirahat yang cukup dan berkualitas, serta menjaga pola makan yang sehat. Sedangkan 5 Bahagia adalah memberikan dukungan kepada lansia agar tetap bahagia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement