Senin 20 Jun 2022 05:00 WIB

Kekurangan Vitamin B12, Ini yang akan Dirasakan Tubuh

Kekurangan vitamin B12 merupakan kondisi yang cukup umum.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Konsumsi vitamin (ilustrasi). Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menyerap B12 dari makanan menurun.
Foto: www.freepik.com.
Konsumsi vitamin (ilustrasi). Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menyerap B12 dari makanan menurun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa lelah sepanjang waktu tentu dapat menghambat jalannya aktivitas sehari-hari. Rasa lelah ini bisa dipicu oleh beberapa masalah, di mana salah satunya adalah kekurangan atau defisiensi vitamin B12.

Meski bisa ditemukan dalam banyak makanan, insufiensi dan defisiensi vitamin B12 merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh minimnya asupan vitamin B12, gangguan penyerapan, masalah kesehatan tertentu, atau penggunaan obat tertentu.

Baca Juga

Vitamin B12 pada dasarnya merupakan zat gizi esensial yang diperlukan tubuh untuk memproses DNA dan memproduksi energi. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menyerap B12 dari makanan juga menurun. Oleh karena itu, defisiensi vitamin B12 cukup umum di kalangan lansia.

Selain lansia, penganut diet vegan juga rentan mengalami defisiensi B12 karena mereka tidak mengonsumsi produk hewani termasuk susu dan telur. Penganut diet vegan memiliki risiko hingga 92 persen untuk mengalami defisiensi B12.

 

Ketika seseorang mengalami defisiensi vitamin B12, dia akan merasa lelah meski sudah banyak mendapatkan waktu istirahat dan tidur. Rasa lelah ini muncul karena sel-sel tubuh tak mendapatkan vitamin B12 yang cukup untuk bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Defisiensi vitamin B12 juga dapat menurunkan produksi sel darah merah yang normal. Kondisi ini dapat mengganggu aliran oksigen di dalam tubuh.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement