Kamis 16 Jun 2022 17:27 WIB

6 Minuman untuk Mengurangi Peradangan Tubuh

Peradangan jika terus dibiarkan bisa menjadi kronis.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Teh hijau (ilustrasi). Teh hijau bisa berfungsi untuk mengurangi peradangan pada tubuh,
Foto:

5. Teh Jahe

Seduh beberapa akar jahe segar dalam air panas untuk mendinginkan peradangan kronis. Sebuah studi University of Miami membandingkan efek ekstrak jahe dengan plasebo pada 247 pasien yang menderita osteoartritis lutut dan menemukan bahwa jahe mengurangi rasa sakit dan kekakuan hingga 40 persen lebih banyak daripada plasebo.  Selain sifat anti-inflamasinya, para peneliti mengatakan itu juga bekerja sebagai analgesik.

6. Jus Ceri 

Jus ceri asam telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular karena penelitian menunjukkan dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat).  Sebuah studi tahun 2019 dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa efek kesehatan jantung pada tekanan darah dan kolesterol dapat dikaitkan sebagian dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi jus ceri.  

 Dalam uji klinis terkontrol acak kecil, 37 pria dan wanita berusia 65 hingga 80 ditugaskan untuk minum 2 cangkir jus ceri tart atau minuman kontrol setiap hari selama 12 minggu.  Pada akhir 12 minggu, sampel darah diambil, dan peneliti menemukan bahwa hanya subjek yang minum jus ceri yang menurunkan tingkat penanda peradangan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement