Kamis 16 Jun 2022 16:26 WIB

Kekurangan Vitamin yang Satu Ini Bisa Sebabkan Demensia, Bahkan Sejak Usia Muda

Sudah banyak studi yang mengaitkan kekurangan vitamin dengan demensia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pengidap demensia (Ilustrasi). Demensia juga bisa memengaruhi sejak usia muda. Kekurangan vitamin D dapat menjadi penyebabnya.
Foto:

Vitamin D disebut sebagai prekursor hormon yang semakin dikenal untuk efek luas termasuk pada kesehatan otak. Tetapi sampai sekarang sangat sulit untuk memeriksa apa yang akan terjadi jika tubuh mampu mencegah kekurangan vitamin D.

"Studi kami adalah yang pertama untuk menguji efek tingkat vitamin D yang sangat rendah pada risiko demensia dan strok menggunakan analisis genetik yang kuat di antara populasi besar," kata Prof Hyppönen, dikutip dari laman Express.co.uk, Kamis (16/6/2022).

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

Dalam beberapa konteks, di mana kekurangan vitamin D relatif umum, temuan penemiti memiliki implikasi penting untuk risiko demensia. Analisis genetik dilakukan pada data yang tersedia untuk 294.514 peserta dari UK Biobank. Menggunakan pengacakan Mendel non-linear, para peneliti dapat menguji kausalitas untuk demensia dan strok.

"Memang, dalam populasi Inggris ini, kami mengamati bahwa hingga 17 persen kasus demensia mungkin telah dihindari dengan meningkatkan kadar vitamin D agar berada dalam kisaran normal," kata Prof Hyppönen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement