Senin 13 Jun 2022 20:26 WIB

Psikolog Sebut Gaya Hidup Pengaruhi Kecenderungan Penggunaan Narkoba

Gaya hidup ialah salah satu faktor yang pengaruhi kecenderungan orang pakai narkoba.

Ilustrasi pengguna narkoba. Ada berbagai faktor yang dapat membuat orang lebih cenderung menjadi pengguna narkoba.
Foto:

Padahal, menurut Kasandra, kecanduan narkoba sudah pasti menimbulkan efek negatif. Dalam jangka pendek, pecandu akan mengalami perubahan nafsu makan, sulit tidur, peningkatan detak jantung, perubahan kemampuan kognitif, masalah hubungan, kehilangan minat pada aktivitas yang sebelumnya menyenangkan, hingga ketidakpedulian terhadap rasa sakit emosional atau fisik.

Dalam jangka panjang, kecanduan narkoba akan membuat orang membangun toleransi terhadap obat sehingga konsumsi obat cenderung menjadi lebih banyak. Pecandu juga berisiko mengalami masalah pernapasan, kejang, paranoid, insomnia jangka panjang, berbagai penyakit yang menyerang organ tubuh, hingga overdosis dan kematian.

Untuk itu, Kasandra pun mengingatkan bahwa orang perlu melakukan upaya pencegahan agar tak terjerumus menggunakan narkoba. Mengembangkan persahabatan dan hubungan yang sehat menjadi salah satu caranya.

"Kemudian, cari bantuan profesional jika merasa memiliki gangguan atau tekanan psikologis, mendalami pengetahuan tentang setiap faktor risiko, dan mempertahankan kehidupan yang seimbang," tutur Kasandra.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement