Senin 13 Jun 2022 15:14 WIB

Tiga Keluhan Ini Bisa Jadi Tanda Kanker Hati, Salah Satunya Terasa di Perut Bagian Kanan

Kanker hati dapat memunculkan gejala di perut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Saat ukuran hati membengkak akibat kanker, perut bagian kanan juga akan ikut membengkak.
Foto:

Gejala-gejala tersebut bisa muncul karena kinerja hati ikut terganggu. Seperti diketahui, beberapa fungsi utama hati adalah memproduksi empedu, memecah lemak jadi energi, dan menyaring racun. Ketika fungsi ini terganggu akibat kanker, hilangnya nafsu makan hingga penurunan berat badan yang cepat bisa terjadi.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kanker hati. Akan tetapi, National Health Service (NHS) mengungkapkan ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terhadap kanker hati.

Sebagian dari faktor risiko kanker hati tersebut adalah berusia di atas 60 tahun, memiliki riwayat penyakit seperti hepatitis, sirosis hati, batu empedu, diabetes, atau HIV, serta berjenis kelamin laki-laki. Faktor risiko lain dari kanker hati adalah memiliki keluarga dekat yang mengidap kanker hati.

Bila mengalami gejala yang dicurigai berkaitan dengan kanker hati, coba periksakan diri ke dokter. Meski gejala tersebut tak selalu berkaitan dengan kanker hati, bisa jadi ada penyakit lain atau infeksi yang sedang terjadi dan perlu diobati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement