Senin 13 Jun 2022 13:19 WIB

FDA: Vaksin Moderna Efektif-Aman Buat Anak Usia 6 Bulan Hingga 17 Tahun

Efek samping vaksin Moderna pada anak ialah demam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Moderna. Tim peninjau FDA mengungkapkan bahwa pemberian vaksin Covid-19 Moderna pada anak dapat memunculkan respons imun yang sama seperti halnya pada orang dewasa.
Foto:

Di beberapa negara Eropa, pemberian vaksin Covid-19 Moderna pada kelompok berusia muda telah dibatasi. Pembatasan ini dilakukan setelah beberapa studi menemukan adanya hubungan antara vaksin Covid-19 Moderna dengan peningkatan risiko peradangan jantung.

FDA mengungkapkan bahwa miokarditis merupakan risiko yang telah diketahui berkaitan dengan vaksin Moderna. Akan tetapi, uji klinis pada anak yang dilakukan tidak cukup besar untuk mengukur seberapa besar frekuensi kejadian peradangan jantung langka ini pada kelompok anak.

photo
Vaksinasi Covid-19 anak usia 5-11 tahun. - (Republika)

Saat ini, vaksin Covid-19 dari Pfizer/BioNTech sudah mendapatkan izin penggunaan darurat untuk kelompok berusia lima tahun ke atas di Amerika Serikat. Menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada Mei lalu, laporan mengenai kejadian miokarditis pada kelompok usia lima hingga 11 tahun tampak jauh lebih rendah dibandingkan pada lelaki remaja dan pria muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement