Kamis 09 Jun 2022 00:30 WIB

3 Jus Sayur Ini Bisa Bantu Turunkan Hipertensi

Ada 3 jenis sayuran yang bisa diasup dalam bentuk jus, efektif turunkan hipertensi.

Rep: Adysha Citra Ramadani, Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aneka minuman jus (ilustrasi). Jus wortel, bit merah, dan bengkuang dapat membantu menurunkan hipertensi.
Foto:

Menurut tim peneliti, ada beberapa mekanisme yang dapat membuat jus sayur dan buah bisa membantu menurunkan tekanan darah. Mekanisme ini meliputi efek antioksidan, perbaikan pada aspek sistem kardiovaskular, penghambatan agregasi trombosit, efek antiinflamasi, dan pencegahan hiperhomosisteinemia.

Tim peneliti mengungkapkan bahwa minum jus bisa menjadi cara yang potensial dalam memperbaiki kesehatan kardiovaskular. Terlebih, bila jus dibuat dari sayur dan buah yang bervariasi, sehingga jus tersebut mengandung beragam polifenol, vitamin, dan mineral.

Terkait tekanan darah, National Health Service di Inggris mengungkapkan bahwa seseorang bisa dinyatakan mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi bila memiliki tekanan darah 140/90 mmHg atau lebih. Pada kelompok berusia 80 tahun, mereka bisa dianggap mengidap hipertensi bila memiliki tekanan darah 150/90 mmHg atau lebih. Tekanan darah yang ideal biasanya berkisar di angka 90/60 mmHg - 120/80 mmHg.

photo
Gejala hipertensi - (Republika)

Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa memberikan tekanan lebih pada pembuluh darah, jantung, serta organ lain seperti ginjal, mata, dan otak. Tekanan darah tinggi yang terjadi secara terus-menerus dan tak terkendali juga dapat meningkatkan risiko beragam penyakit serius, seperti penyakit jantung, serangan jantung, strok, gagal jantung, penyakit arteri perifer, aneurisma aorta, penyakit ginjal, dan demensia vaskular.

"Bila Anda mengidap tekanan darah tinggi, menurunkan tekanan darah meski sedikit bisa membantu menurunkan risiko Anda terhadap masalah-masalah kesehatan ini," jelas National Health Service.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement