Senin 06 Jun 2022 22:20 WIB

Jangan Terlalu Lama Ompong Setelah Cabut Gigi, Ini Risikonya

Setelah cabut gigi sebaiknya pasang gigi palsu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan gigi (Ilustrasi). Setelah cabut gigi, sebaiknya segera pasang gigi palsu.
Foto: Antara
Pemeriksaan gigi (Ilustrasi). Setelah cabut gigi, sebaiknya segera pasang gigi palsu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sakit gigi yang tidak segera ditangani bisa mengarah pada penyakit yang serius. Karena itu, saat mengalami masalah gigi, segeralah mencari perawatan dan tindakan. Lalu, kalau harus dilakukan pencabutan, pasang gigi palsu untuk menutup ompong.

Drg Andy Wirahadikusumah SpPros mengungkap alasan pentingnya mengganti gigi yang dicabut dengan gigi palsu. Jika dibiarkan ompong, risikonya gigi cenderung bergerak mengisi ruang yang kosong.

Baca Juga

"Kalau sudah pencabutan, ada ruang kosong, gigi depan atau belakang bergerak mengisi kekosongan tersebut. Misalnya, gigi bawah dicabut, maka gigi atas cenderung bergerak ke bawah. Gigi atas ompong, gigi bawah ke atas mengisi yang kosong," kata drg Andy dalam acara "Kupas Tuntas Pentingnya Merawat Gigi dan Mulut" di Pepsodent Dental Expert Center, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Jika sudah dipasangkan gigi palsu, maka tidak ada lagi ruang kosong tersebut. Ruang kosong dapat memengaruhi cara menempelnya makanan di sekitar gigi.

"Makanan lebih mudah menempel di sekitar, kalau gesernya lurus, nggak masalah, kalau miring dan memutar, makanan lebih gampang nempel, ditambah kebersihan mulut kurang dijaga, maka masalah gigi berlubang dan gusi akan terjadi," kata Andy.

Sakit gigi juga bisa menjalar ke kepala, karena masih berhubungan dengan saraf gigi. Mengingat gigi juga masih berada pada area wajah, maka berhubungna pula dengan telinga dan kepala sehingga sangat memungkinkan keluhan sakit gigi akan menjalar jadi sakit kepala bahkan bisa hebat.

Perawatan gigi palsu sebenarnya relatif sama dengan gigi asli. Untuk jenis permanen, bisa dibersihkan sebagaimana gigi asli. Bagaimana dengan gigi palsu yang bisa dilepas?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement