Kamis 12 May 2022 17:33 WIB

Penggemar Kopi Perlu Pastikan Kebutuhan Kalsiumnya Tercukupi

Minum kopi dapat mengganggu penyerapan kalsium.

Kopi (ilustrasi). Penggemar kopi diingatkan untuk mencukupi kebutuhan kalsiumnya.
Foto:

Kalsium juga dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengurangi penyerapan oksalat yang ditemukan di banyak makanan nabati, seperti bayam, bit, raspberry, dan ubi jalar. Oksalat dikaitkan dengan risiko lebih tinggi munculnya batu ginjal.

Kebanyakan orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium per hari. Kelompok tertentu membutuhkan jumlah yang lebih tinggi, termasuk para remaja, wanita pascamenopause, dan orang dewasa yang lebih tua. Walaupun suplemen banyak tersedia, para pakar kesehatan merekomendasikan setidaknya setengah dari asupan kalsium harus berasal dari makanan.

"Kalsium yang rendah di tubuh akan berisiko terjadi osteoporosis atau pengeroposan tulang," kata Elfina yang tergabung di Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI).

Di sisi lain, Elfina mengingatkan orang-orang mencukupi kebutuhan cairan mereka, terutama air putih setidaknya dua liter per hari khususnya di musim kemarau saat ini. Cairan ini bisa membantu membantu proses metabolisme tubuh.

"Konsumsi air putih lebih dianjurkan ketimbang minuman manis seperti soft drink, sirup, ataupun kafein misalnya kopi," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement