Rabu 11 May 2022 20:52 WIB

IDAI Sebut Terapi Definitif untuk Hepatitis Akut Belum Ada, Artinya?

Anak dengan gejala hepatitis akut perlu dibawa ke rumah sakit tipe A atau B.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Anak yang terindikasi terinfeksi hepatitis akut misterius biasanya mengalami peningkatan enzim hati, mual, diare, gejala saluran pencernaan, dan demam.
Foto:

 
Dengan begitu, pelayanan kesehatan bisa diberikan secara optimal dan pemeriksaannya bisa dilakukan secara lengkap. Menurut Hari, pengobatan hepatitis akut misterius perlu dilakukan di fasilitas kesehatan ini karena untuk memeriksa hepatitis, terutama D dan E di Indonesia masih cukup sulit. Bahkan, ia menyebutkan beberapa laboratorium swasta sampai harus mengirim sampel dugaan penyakit ini ke luar negeri.  
photo
Hepatitis akut misterius mengusik anak-anak. - (Republika)
 

Di kesempatan yang sama, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, hepatitis akut misterius belum diketahui penyebab pastinya meski terungkap mengandung adenovirus. Penyakit ini gejalanya dapat berkembang menjadi berat saat menyerang anak-anak.

Nadia mengutip catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa anak-anak yang terinfeksi hepatitis akut misterius berusia antara satu bulan sampai 16 tahun. Sementara itu, di Indonesia, tercatat 15 kasus hepatitis akut misterius hingga Rabu (11/5/2022).

 

"Mereka berusia satu hingga enam tahun," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement