Kamis 12 May 2022 03:05 WIB

Yuk Makan Buah Kiwi, Ini Loh Segudang Manfaatnya

Buah kiwi yang rendah kalori memiliki manfaat kaya antioksidan dan vitamin C

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Buah kiwi. Buah kiwi yang rendah kalori memiliki manfaat kaya antioksidan dan vitamin C
Foto: Pixabay
Buah kiwi. Buah kiwi yang rendah kalori memiliki manfaat kaya antioksidan dan vitamin C

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dibandingkan dengan buah-buahan yang lebih populer seperti beri dan apel, buah kiwi kemungkinan besar, tidak termasuk dalam daftar belanjaan Anda yang tersangkut selama seminggu. Namun, ketika mengetahui manfaat kesehatan yang luar biasa dari makan kiwi untuk tubuh Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali untuk menambahkannya ke keranjang belanja Anda.

Dilansir dari borneobulletin pada Rabu (11/5), buah kiwi mempunyai manfaat rendah kalori. Bisa dijadikan pilihan makanan ringan atau pencuci mulut yang sempurna. Selain menjadi makanan manis yang juga rendah kalori, kiwi dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Berikut empat manfaat buah kiwi untuk tubuh yaitu : 

1. Kaya Antioksidan 

Antioksidan memainkan peran penting dalam melawan radikal bebas dalam tubuh Anda, yang disebabkan oleh stres oksidatif dan meningkatkan risiko penyakit kronis.  Makanan kaya antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh Anda dan menjaganya tetap sehat. Kiwi adalah sumber yang kaya vitamin C, kolin, lutein, dan zeaxanthin, semua jenis antioksidan yang dikenal untuk menangkal radikal bebas.

Kaya akan antioksidan dan vitamin, buah hijau yang lezat ini dapat mendukung kesehatan jantung, pencernaan, kesehatan kekebalan tubuh dan bahkan tidur.

2. Mengandung Banyak Vitamin C 

Vitamin C adalah salah satu buah kiwi yang kaya antioksidan, dengan 64 mikrogram kekalahan per satu buah kecil.  Iris dua kiwi dan Anda akan memiliki lebih dari cukup vitamin C untuk hari itu.

Kiwi mengandung lebih dari 200 persen nilai harian untuk antioksidan vitamin C menjadikannya makanan yang sempurna untuk kesehatan kekebalan tubuh. Vitamin C sangat penting tidak hanya untuk sifat antioksidannya, tetapi vitamin yang larut dalam air ini penting untuk meningkatkan kekebalan Anda dan bahkan kulit Anda.

3. Penuh Dengan Serat 

Seiring dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kiwi juga merupakan sumber yang kaya serat yang penting tidak hanya untuk kesehatan pencernaan Anda, tetapi juga untuk melindungi hati Anda, menurunkan gula darah dan tekanan darah dan bahkan manajemen berat badan.

Serat dalam kiwi menjadikannya tambahan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Satu buah kiwi mengandung dua gram serat yaitu enam sampai delapan persen dari jumlah yang Anda butuhkan dalam sehari.

4. Sumber Folat yang Sangat Tinggi 

Kiwi juga dikenal karena kandungan folatnya yang tinggi.  Folat adalah vitamin B yang merupakan nutrisi penting yang terlibat dalam metabolisme protein dan untuk memproduksi sel darah merah selama pertumbuhan, yang sangat penting bagi wanita yang sedang hamil (mereka membutuhkan lebih banyak folat dari biasanya pada 600 mikrogram).

Satu kiwi mengandung 17 mikrogram folat, jadi iris beberapa untuk lebih mendekati nilai harian Anda. Iris beberapa kiwi untuk ditaburkan di yogurt, atau bahkan nikmati dalam salad buah atau sebagai pelengkap sandwich untuk mendapatkan folat, serat dan vitamin C Anda untuk hari itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement