Senin 11 Jun 2018 15:34 WIB

Suka Kiwi? Jangan Lakukan Ini pada Kiwi Anda

Konsumsi kulit kiwi menambah asupan serat hingga tiga kali lipat.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Buah kiwi
Foto: Pixabay
Buah kiwi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak cara untuk menikmati kiwi. Dijadikan campuran jus, smoothies hingga dikonsumsi begitu saja setelah dipotong-potong. Satu hal yang pasti, sebagian besar orang selalu mengupas kulit kiwi sebelum mengonsumsi buah berdaging hijau tersebut.

Kulit kiwi pada dasarnya tak perlu dikupas sebelum dikonsumsi. Meski nampak kurang menggugah selera, kulit kiwi yang tipis aman dikonsumsi dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan seperti halnya kulit apel.

Mengonsumsi kiwi lengkap dengan kulitnya memiliki jumlah asupan serat tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan mengonsumsi kiwi tanpa kulit. Kulit kiwi juga dipenuhi oleh antioksidan kuat yaitu vitamin C yang mampu melawan penyakit dan memperlambat penuaan.

Baca juga: Olahan Lezat dari Buah Nanas

Sebelum dikonsumsi, kulit kiwi perlu dicuci dengan baik dan menyeluruh. Jika tak nyaman dengan tekstur berbulu kulit kiwi, Anda dapat memilih jenis kiwi dengan tekstur kulit yang lebih lembut seperti kiwi Sweet Golden.

Seperti dilansir Taste of Home, ada banyak cara untuk menikmati kiwi selain dimakan secara utuh. Kiwi dapat dijadikan campuran di dalam salad buah, campuran isi kebab hingga taburan piza buah.

"Dengan cara ini Anda dapat mengambil manfaat dari semua vitamin, folat, zinc dan magnesium di dalamnya," ungkap penulis Meg Scanlon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement