Jumat 06 May 2022 00:23 WIB

Pengidap Diabetes Harus Waspada, Tujuh Buah Ini Dapat Sebabkan Lonjakan Gula Darah

Buah tertentu dapat menyebabkan lonjakan gula darah karena indeks glikemiknya tinggi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Foto ilustrasi buah mangga. Buah-buahan tertentu, seperti mangga, memiliki indeks glikemik yang tinggi hingga patut diwaspadai oleh pengidap diabetes.
Foto:

Pengidap diabetes perlu berhati-hati agar tidak menyantap ketujuh buah tadi secara berlebihan. Sebagai gantinya, pilih buah dengan indeks glikemik rendah, yang meliputi buah beri, plum, buah kiwi, dan jeruk bali.

Makanan dengan indeks glikemik rendah atau sedang akan dipecah lebih lambat dan menyebabkan kenaikan bertahap kadar gula darah dari waktu ke waktu. Akan tetapi, Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menjelaskan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi belum tentu tidak sehat.

Begitu pula tidak semua makanan dengan indeks glikemik rendah itu sehat. Jika hanya menyantap makanan dengan indeks glikemik rendah, pola makan mungkin menjadi tidak seimbang.

"Beberapa makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti gandum, buah, sayuran, kacang-kacangan dan lentil, adalah makanan yang harus kita makan sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang. Namun, menggunakan indeks glikemik untuk memutuskan apakah makanan atau kombinasi makanan itu sehat, bisa menyesatkan," kata NHS, dikutip dari laman Express, Kamis (5/5/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement